Menu
Media Online Terpercaya

Indonesia Raja 2022 Buka Pendaftaran Film Pendek. Ini Jadwalnya

  • Share
Minikino
Minikino

Kolaborasi apik distribusi program film pendek nasional dari Minikino, memasuki tahun kedelapan. Indonesia Raja 2022 ini mengundang para pembuat film pendek Indonesia untuk segera mendaftarkan karyanya melalui para programmer di wilayah-wilayah yang terhubung

“Mulai dari tanggal 6 hingga ditutup 26 Februari 2022 mendatang. Tahun ini, pendaftaran Indonesia Raja meliputi wilayah Aceh, Bali, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, dan Padangpanjang,” kata Koordinator Minikino, Edo Wulia,

Ia menjelaskan, Indonesia Raja merupakan tajuk dengan sejarah tersendiri untuk Minikino. Digunakan pertama kali pada tahun 2003 sebagai judul dari VCD kompilasi 7 film pendek dari 7 sutradara muda Indonesia

“Menggambarkan pencapaian produksi film pendek Indonesia pada rentang tahun 2000 sampai 2003. Lebih dari satu dekade kemudian, tajuk Indonesia Raja digunakan kembali menjadi tajuk program tahunan ini dan telah berlangsung sejak tahun 2015,” imbuhnya.

Direktur Festival Film Bahari di Cirebon, Kemala Astika menyatakan, setiap tahun selalu ada kejutan dari berbagai ragam film pendek yang masuk.

“Tantangan programmer adalah meramu karya yang terpilih menjadi sebuah program yang asyik dan bergizi untuk disajikan ke penonton,” katanya

Indonesia Raja 2022 melibatkan 6 programmer dari masing-masing wilayah dan kota. Para programmer tersebut adalah Akbar Rafsanjani, direktur Aceh Film Festival, sebagai programmer wilayah Aceh. Kardian Narayana, jurnalis Buleleng Kompas TV, untuk wilayah kerja Bali.

Kemala Astika, direktur Festival Film Bahari, untuk wilayah Jawa Barat. Nosa Normanda, salah satu pendiri MondiBlanc Film Workshop, sebagai programmer Jakarta. Rasyid Faqih, salah satu pre-selection dan tim Programming di Minikino Film Week, untuk Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wahyudha, kurator program Semester Pendek oleh Kolektif (2021), untuk wilayah Padangpanjang.

Indonesia Raja menerapkan keterlibatan dan pendistribusian film pendek yang bersifat non-eksklusif. Ini adalah sebuah pernyataan sikap untuk menghargai hak-hak paling mendasar dari pemilik film.

Dalam regulasinya bahwa pemilik film tetap memegang hak penuh untuk mengikutkan filmnya ke institusi maupun festival lain, selama tidak bertentangan dengan kontrak distribusi yang disepakati dalam kepentingan Indonesia Raja dalam jangka waktu setahun ke depan.

Periode pendaftaran film pendek untuk Indonesia Raja 2022 dibuka mulai 6 Februari sampai dengan 26 Februari 2021. Formulir, detail syarat, dan ketentuan pendaftaran dapat diakses melalui tautan berikut:

Aceh                : http://minikino.org/submissionIR2022ACEH

Bali                  : http://minikino.org/submissionIR2022BALI

D.I.Y                 : http://minikino.org/submissionIR2022YOGYAKARTA

Jakarta            : http://minikino.org/submissionIR2022JAKARTA

Jawa Barat      : http://minikino.org/submissionIR2022JAWABARAT

Padangpanjang: http://minikino.org/submissionIR2022PADANGPANJANG

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.