Indonesia Akan Setop ‘Ekspor’ PRT

By: On: Dibaca: dibaca 73.91Rbx
Indonesia Akan Setop ‘Ekspor’ PRT

Pemerintah akan menghentikan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) non formal, khususnya Pembantu Rumah tangga (PRT) ke Timur Tengah. Hal ini akan diberlakukan per akhir tahun 2018.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengakui perihal ini akan berpengaruh terhadap remitansi atau pengiriman uang dari TKI tersebut ke dalam negeri. Tapi tentu tidak perlu dikhawatirkan, karena proses tersebut baru akan terealisasi pada tiga tahun mendatang.

“Yang direncanakan itu tahun 2018, dan yang diberikan itu adalah TKI yang statusnya non skill. Secara umum kalau sekarang di 2015 dan 3 tahun merencakan itu waktu yang cukup memadai. Saya melihat hal ini akan lebih banyak memberikan manfaat,” jelas Agus di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (8/5/2015)

Di samping itu untuk menambah devisa negara, pemerintah juga telah mengeluarkan inisiatif yang cukup bagus. Seperti pemberian bebas visa untuk 30 negara.

“Memberi free visa 30 negara, berupaya untuk asuransi supaya reasuransinya bisa di Indonesia. Saya menyambut baik inisiatif pemerintah,” tukasnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!