ICP Tandai Jalan Berlubang

By: On: Dibaca: dibaca 70.78Rbx
ICP Tandai Jalan Berlubang

 

Komunitas pengguna media sosial facebook Info Cegatan Purbalingga (ICP) melakukan gebrakan sosial. Puluhan pemuda anggota ICP menggelar aksi menandai lubang jalan menggunakan pilok sejak Selasa (14 Februari 2017). Ratusan lubang di sejumlah ruas jalan protokol kabupaten telah disisir oleh dua tim.

Koordinator aksi, Subagyo mengatakan, dalam dua hari ini, ia telah menyisir di sepanjang ruas jalan Timbang hingga Gembrungan. Selain itu, Jalan Kutawis hingga Kedungjati, Kecamatan Bukateja juga tak luput dari semprotan pilok.

Aksi pilok jalan ini, lanjut Subagyo, dilatarbelakangi keresahan komunitas ICP atas kecelakaan yang sering terjadi dikarenakan jalan berlubang. “Kami berharap, pilok tadi bisa membantu sebagai warning bagi pengguna jalan yang melintas,” katanya, Rabu (15 Februari 2017).

Pihaknya berencana akan terus melanjutkan aksi pilok jalan hingga semua jalan arteri dan jalan kolektor di wilayah Purbalingga tersisir seluruhnya. “Kami juga mengimbau kepada seluruh anggota komunitas yang tergabung dalam grup facebook ICP untuk turut berpartisipasi sebagai bentuk kepedulian,” ujarnya.

Menanggapi aksi tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Purbalingga, Ir Setiyadi MSi mengakui kondisi jalan di Purbalingga hampir seluruhnya berlubang.

“Jalan berlubang disebabkan sejumlah faktor. Di antaranya faktor karakter tanah yang labil, desain jalan yang tidak dilengkapi saluran air, tonase kendaraan yang tidak seimbang, dan diperparah dengan curah hujan yang tinggi,”ungkapnya saat dihubungi Tabloid Elemen.

Meski demikian, ia mengatakan telah berupaya semaksimal mungkin untuk menambal lubang-lubang di sejumlah ruas jalan arteri dan jalan kolektor di Purbalingga.

“Kami sudah menurunkan dua tim untuk melakukan penambalan, dalam waktu dekat kami akan bagi menjadi empat tim, sehingga dapat lebih cepat meng-cover semua wilayah,” katanya.(yoga tri cahyono)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!