Menu
Media Online Terpercaya

Hujan Lebat Sejak Sore, Sejumlah Desa di Purbalingga Terendam Banjir

  • Share
Suparno, Warga Perumahan Pesona Puri Toyareka sedang menyelamatkan barang-barangnya, setelah banjir setinggi dada orang dewasa melanda rumahnya, Rabu (2 Desember 2020) malam

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Purbalingga sejak Rabu (2 Desember 2020) sore membuat sejumlah rumah dan jalan raya terendam. Seperti terlihat di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga. Jalan vital yang menghubungkan Purbalingga-Kaligondang terendam air setinggi 50 centimeter.

“Ini sudah jam berapa, jam 22.00 Wib apa ya. Tinggi air hampir sama dengan roda mobil saya. Banjir ini membuat kendaraan harus tertahan, jika menerobos maka ada kemungkinan mesin akan mati,” ungkap Anwar, satu pengendara roda empat yang berhasil melintasi genangan banjir.

Daerah lain yakni di Kecamatan Kemangkon juga mengalami banjir tinggi. Di Perumahan Pesona Puri, Kadus 3 Desa Toyareja dan Desa Jetis ketinggian air mencapai 100 centimeter. Sedangkan di Desa Muntang ketinggian air berkisar antara 30-60 centimeter.

Warga Perumahan Pesona Puri Toyareka, Suparno menuturkan, hujan mengguyur sejak pukul 17.30 Wib, puncaknya sekira pukul 22.30 Wib.

“Awalnya, cuma sebatas lutut. Hujan tak kunjung reda, air naik terus hingga sebatas dada orang dewasa. Tak sempat menyelamatkan sepeda motor dan peralatan elektronika. Suasana gelap listrik padam. Baju saja yang menempel dibadan,” kata Suparno.

Di Desa Jetis, Warga RT 01 RW 01 Dusun 1, Hadianto mengatakan, ketinggian air berkisar antara 60-100 centimeter. Air ini berasal dari luapan sungai Klawing yang berada di sisi selatan yang mengelilingi Desa Jetis.

“Tadi jam 23.00 Wib. Air mulai masuk rumah. Tingginya sekira 60 hingga 100 centimeter,” ungkap pemilik Bengkel Las Jaya Mandiri ini.

Hingga berita ini diturunkan, air banjir masih belum surut. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Purbalingga telah sigap menurunkan bantuan perahu karet untuk mengavakuasi penduduk agar mengungsi ke tempat yang aman

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *