Hubungan Seks Bisa Jadi Penyebab Demam Berdarah

By: On: Dibaca: dibaca 99.94Rbx
Hubungan Seks Bisa Jadi Penyebab Demam Berdarah

Virus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan nyamuk demam berdarah (Aedes Aegypti) ternyata bisa ditularkan selain oleh gigitan nyamuk tetapi juga bisa melalui hubungan seksual. Ini adalah kejadian pertama kali dalam sejarah penularan virus DBD didapat dari hasil hubungan intim. Kasus ini temukan di Madrid, Spanyol.

Kasus tersebut dialami oleh seorang pria berusia 41 tahun dari Madrid yang terkena DBD setelah berhubungan seks dengan pasangannya. Setelah ditelusuri ternyata pasangannya terkena virus DBD selama perjalanan dari Kuba, Minggu (10 Nopember 2019).

“Rekanya menunjukkan gejala yang sama dengan pria itu tetapi lebih ringan sekitar sepuluh hari sebelumnya, dan pasangannya memang sebelumnya mengunjungi Kuba dan Republik Dominika,” kata Susana Jimenez dari departemen kesehatan masyarakat wilayah Madrid seperti dikutip dari New Straits Times.

Kasus yang dikonfirmasi pada bulan September ini sempat membuat bingung para dokter karena pria itu belum melakukan perjalanan ke Kuba sebelumnya. Gejala yang dialami seperti flu yang parah, demam tinggi, dan nyeri tubuh.

“Analisis sperma mereka dilakukan dan mengungkapkan bahwa mereka tidak hanya menderita demam berdarah tetapi juga virus yang persis sama yang beredar di Kuba. Kemungkinan kasus penularan demam berdarah antara pria dan wanita adalah subjek dari artikel ilmiah baru-baru ini di Korea Selatan,” jelasnya.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!