by

Hari Senin 6 Juni 2016, Puasa Ramadhan 1437 Hijriah  Dimulai

-Dunia-dibaca 122.34Rb kali | Dibagikan 31 Kali

Hari ini, Senin (6 Juni 2016) awal 1 Ramadhan 1437 Hijriah. Hasil sidang Isbat 2016 yang berlangsung malam ini untuk menetapkan awal puasa.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin  dalam jumpa pers di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/6/2016) mengungkapkan, dari hisab dan laporan petugas melihat hilal, seluruh peserta sidang isbat menyepakati pada malam hari ini kita sudah masuk Ramadan. Secara mufakat disepakati awal 1 Ramadhan tahun 1437 Hijriah akan dimulai hari Senin 6 Juni 2016,” kata Lukman

Sebelumnya – Pemerintah Indonesia melalui Departemen Agama di pastikan akan menggelar sidang isbat untuk menentukan tanggal 1 Ramadhan 1347H / 2016 untuk menentukan hari pertama puasa dan sholat Tarawaih di tahun ini. Dan untuk hasil selengkapnya kita mesti menunggu pengumuman resmi dari hasil sidang Isbat yang akan di lakukan pada Minggu 5 Juni 2016 malam ini mulai habis sholat Magrib dan mendekati sholat Isyak biasanya sudah dapat di ketahui.

Dan untuk jadwal sidang Isbat penentuan awal bulan suci Ramadhan 1437 H , seperti yang telah di ungkapkan Menteri Agama , Lukman Hakim Saifuddin, usai membuka Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) ke-II di objek wisata pantai Negeri Liang, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Rabu (25/5) beberapa waktu yang lalu.

“Kami akan mengundang para Ulama, pimpinan Ormas Islam dan pakar ilmu Falak untuk menghadiri sidang Isbat yang dilakukan pada tanggal 5 Juni sore,” ujar Lukman, dilansir dari laman Kementerian Agama Republik Indonesia.

Seperti yang biasa di lakukan , untuk proses sidang Isbat akan menunggu laporan dari berbagai petugas penglihat hilal yang disebar di berbagai titik di Indonesia, tenang sudah terlihatnya bulan baru atau tidak.

Baca Juga:  Polres Malang Gelar Silaturahmi Antarulama NU-Muhammadiyah

“Jika bulan baru sudah tampak pada hari tersebut, maka 1 Ramadan akan terjadi pada Senin 6 Juni 2016,”ungkapnya.

 

Comment

Berita Lainnya