by

Hari Pertama Pendaftaran PPDB SMP Online Tahun 2020 di Kabupaten Purbalingga Lancar

Hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dalam jaringan (daring)/ online tahun 2020 untuk jenjang SMP di Kabupaten Purbalingga tidak ada kendala. Layanan internet lancar dan stabil. Namun, masih banyak orang tua calon peserta didik yang merasa khawatir dan panik anaknya tidak bisa sekolah karena kesulitan untuk mengikuti tahapan pengisian di pendaftaran online itu.

“Saya tadi tidak tahu cara melakukan pandaftaran. Saya tadi panik sekali, khawatir anak saya tidak bisa bersekolah. Makanya saya datang ke sekolahan ini untuk minta informasi bagaimana caranya mendaftar online. Setelah diberitahu caranya, ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri. Sudah bisa terdaftar, tinggal menunggu hasilnya,” ungkap Lili Yuli Adi, orang tua calon peserta didik yang memilih jalur zonasi kepada media siber lintas24.com, Senin (29 Juni 2020).

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Joko Sumarno mengingatkan kepada seluruh orang tua calon peserta didik yang mendaftar PPDB untuk tidak khawatir. Pasalnya, waktu pelaksanaan PPDB masih lama. Baru dimulai 29 Juni 2020 pukul 07.00 Wib dan akan berakhir 03 Juli 2020 pukul 11.00 Wib.

“Informasikan kepada kami jika ada kesulitan. Silahkan bertanya terkait permasalahan yang dihadapi. Seluruh SMP tujuan sudah menyiapkan petugas untuk membantu memandu cara mendaftar. Petugas pasti akan memberitahu cara mengisi semua tahapan-tahapan,” tuturnya

Ia menambahkan, untuk mengantisipasi terjadi kerumunan saat para orang tua calon peserta didik meminta informasi ke sekolah-sekolah yang dituju, pihaknya telah mewajibkan panitia pendaftaran di setiap sekolah untuk melaksanakan protokol kesehatan terkait Covid-19.

“Seluruhnya kami wajibkan menggunakan masker, cek suhu tubuh terlebih dahulu dan cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Menjaga jarak aman jika harus mengantri. Saya berharap, pelaksanaan PPDB ini berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti,” ungkapnya.

Kepala SMP Negeri 2 Purbalingga, Titik Widajati menungkapkan, pihaknya telah melaksanakan petunjuk teknis (juknis) seperti arahan dari Dindikbud Kabupaten Purbalingga.

“Kami menyiapkan semuanya sesuai juknis dan juga menerapkan protokol kesehatan terkait Covid-19. Kita bantu memandu semua orang tua calon peserta didik untuk mendaftar PPDB,” ungkapnya

Ketua PPDB SMP Negeri 2 Purbalingga, Heru Prayitno menuturkan, seluruh panitia yang bertugas sudah dibekali juknis dari Dindikbud Kabupaten Purbalingga. Seluruh pertanyaan dari orang tua calon peserta didik terkait pendaftaran PPDB diharapkan dapat terjawab oleh panitia PPDB sekolah.

“Hal ini bertujuan untuk memudahkan orang tua calon peserta didik dalam melakukan pendaftaran online. Jika ada pertanyaan yang tidak bisa kami jawab, maka akan tanyakan ke panitia tingkat Kabupaten yang berada di Dindik,” ungkapnya.

Comment

Feed Berita