by

Hari Pertama Pelaksanaan UN di Purbalingga Lancar

-Pendidikan-dibaca 122.97Rb kali | Dibagikan 48 Kali

IMG_4133

 

Di Purbalingga, dua SMA dan tujuh belas SMK melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau juga disebut  Computer Based Test (UN-CBT).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan menuturkan, pelaksanaan UN tahun ini ada dua sistem yang diterapkan yakni, yakni pelaksanaan UN dengan menggunakan media computer sebagai media ujiannya dan ujian nasional berbasis kertas atau paper based test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

“Untuk UN-CBT, SMA yang melaksakana adalah SMA Negeri 1 Purbalingga dan SMA Negeri 2 Purbalingga dan ada 17 SMK,”ungkapnya kepada lintas24.com Senin (4/4).

Tri Gunawan melanjutkan, jumlah peserta UN-CBT SMA sebanyak 644 siswa terdiri dari 352 siswa dari SMA Negeri 1 Purbalingga dan 292 siswa SMA Negeri 2 Purbalingga. Sedangkan UN-CBT SMK yang terdiri dari 11 SMK Negeri dan 6 SMK Swasta, terdapat 4.353 siswa.

”Lainnya masih melaksanakan ujian dengan sistem PBT. Untuk tingkat SMA terdapat 14 sekolah dengan jumlah peserta UN 1.846 siswa, 7 MA sebanyak 573 siswa dan 14 SMK dengan jumlah peserta 850 siswa,”  jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Jiah Palupi Twihantarti mengatakan,  pelaksanaa UN hari pertama berlangsung aman dan lancar. Dari laporan yang diterima dinas, pada hari pertama ini terdapat sejumlah siswa tidak mengikuti UN.  Pada jenjang pendidikan SMA,  tidak hadir 4 orang yakni dari SMA Negeri 1 Purbalingga dan SMA Negeri 1 Rembang masing-masing 1 siswa, keduanya karena sakit. Kemudian dari SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga terdapat 2 siswa karena berhalangan tetap.

Ketidakhadiran lainnya dari SMK YPT 2 tidak hadir 1 karena sakit dan 1siswa SMK Muhammadiyah 1 Bobotsari tidak hadir karena sudah mengundurkan diri tetapi masih terdaftar di Daftar Nominasi Tetap (DNT).

“Kemudian dari SMK tidak hadir 2 orang, dari SMK Ma’arif NU Bobotsari karena meninggal dunia beberapa hari yang lalu. Lainya dari SMK Negeri Bukateja sudah mengundurksn diri tetapi tetap terpasang di DNT,” jelasnya.

Comment

Berita Lainnya