Menu
Media Online Terpercaya

Hari Palang Merah Internasional, Ini Sejarahnya

  • Share

Fakta menarik

Fakta menarik tentang Palang Merah Internasional Ada beberapa fakta menarik tentang berdirinya Palang Merah Internasional. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Bermula di tahun 1859 Dikutip dari laman pmimedan.or.id, sejarah lahirnya Palang Merah Internasional bermula di tahun 1859, di Kota Solferino, Italia Utara.  Ketika itu pasukan Italia dan pasukan Perancis tengah bertempur melawan pasukan Austria.

Baca Juga: PMI Jateng Salurkan 2.000 Bantuan Alat Pelindung Diri Untuk PMI Purbalingga

Di hari tersebut, Henry Dunant, seorang warga negara Swiss, terjebak di kota itu dalam perjalanannya untuk menjumpai Kaisar Perancis, Napoleon III. Henry Dunant menyaksikan sendiri kengerian medan perang di waktu itu, dimana 40.000 orang yang menjadi korban militer tak bisa ditangani semuanya oleh pasukan medis militer.

Baca Juga: Relawan Remaja PMI Gelar Youth Conference

Bersama dengan penduduk setempat, Henry Dunant sempat bergerak untuk membantu memberikan pertolongan. Berpijak dari kengerian itulah, Henry Dunant yang juga menulis buku Kenangan Solferino tersebut melahirkan gagasan untuk mendirikan organisasi kemanusiaan yang berlevel internasional.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *