Menu
Media Online Terpercaya

Hari Palang Merah Internasional, Ini Sejarahnya

  • Share

Hari Palang Merah Internasional dan Hari Bulan Sabit Merah Sedunia diperingati hari ini, 8 Mei. Tema peringatan Hari Palang Merah Internasional di tahun 2021 ini adalah “Together We Are Unstopable,” atau “Bersama Kita Tak Terkalahkan.”\

Baca Juga: Ketua PMI Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi: Jajaran dan relawan PMI harus selalu ada untuk masyarakat yang sedang membutuhkan

Di peringatan tahun 2021 ini, Palang Merah Internasional merayakan perjalanan panjangnya dalam menuntaskan berbagai misi kemanusiaan selama berpuluh-puluh tahun. Dikutip dari India Today, peringatan Hari Palang Merah Internasional pertama dilakukan pada tahun 1948.

Baca Juga: Gerakan Jateng di Rumah Saja. BPBD dan PMI Purbalingga Semprot Desinfektan Seluruh Pasar Tradisional

Peringatan Hari Palang Merah Internasional ini dilakukan tepat di hari lahirnya Henry Dunant, pendiri International Committee of The Red Cross atau ICRC.

Baca Juga: Indonesia Tancap Gas Targetkan Bebas Pandemi Covid-19 pada 2022

Di tahun 1984, barulah peringatan setiap 8 Mei ini resmi dinamakan sebagai Hari Palang Merah Internasional dan Hari Bulan Sabit Merah Sedunia. Federasi Internasional Komunitas Palang Merah dan Bulan Sabit Merah bertugas mengawasi pergerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang ada di 188 negara, termasuk di Indonesia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *