Menu
Media Online Terpercaya

Hari Jumat, Ini Amalan yang Dianjurkan Rasulullah, Banyak Manfaatnya!

  • Share
Masjid Muhammad Cheng Hoo atau Masjid Cheng Hoo, di Desa Salaganggeng, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah
Masjid Muhammad Cheng Hoo atau Masjid Cheng Hoo, di Desa Salaganggeng, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah

Bagi umat muslim, Jumat merupakan hari baik karena memiliki sejumlah keistimewaan.

Hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menyebutkan keistimewaan itu pun ditegaskan pula dalam sebuah hadis riwayat Muslim dan Tirmidzi.

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Berikut ini  amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW di hari Jumat

Bersedekah

Memperbanyak sedekah di hari Jumat juga termasuk sebagai amalan yang dianjurkan. Sedekah bisa Anda lakukan dalam bentuk uang, makanan, atau hal lainnya. Oleh karena itu, jangan lupa bersedekah agar Allah SWT senantiasa menambahkan rezekimu.

Membersihkan Diri

Kita dianjurkan untuk membersihkan diri dengan mandi sunah ketika ingin melakukan salat Jumat. Selain itu, dianjurkan pula untuk memakai minyak wangi, membersihkan kuku, dan memotong rambut.

Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat”. (HR. Bukhari)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.