Hari ini RAPBD Purbalingga 2016 Ditetapkan

By: On: Dibaca: 108,272x
Hari ini RAPBD Purbalingga 2016 Ditetapkan

kantor dprd purbalingga

 

DPRD Purbalingga, Senin (30/11) ini akan menggelar Rapat Paripurna dengan agenda penetapan RAPBD tahun 2016. Agenda tersebut sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Badan Musyawarah (Banmus).  Dengan demikian penetapan RAPBD dipastikan tepat waktu.

Ketua DPRD Purbalingga Tongat SH, ketika dikonfirmasi, Minggu (29/11) petang membenarkan hal tersebut. Menurutnya antara dewan dan eksekutif sudah berkomitmen agar penetapan RAPBD menjadi APBD dilakukan tepat waktu. “Dengan demikian proses pembangunan  segera bisa dilaksanakan. Kami sudah berkomitmen untuk menetapkan RAPBD 2016 sesuai jadwal,’ lanjutnya.

Dia membenarkan apabila bahwa penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Purbalingga pada tahun 2016 menjadi prioritas utama RAPBD tahun 2016.  Kebijakan ini tidak berlebihan dikarenakan masih banyaknya penduduk miskin yang perlu dientaskan dari ketidakberdayaannya.

“Data Sensus Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2013, di Kabupaten Purbalingga masih terdapat penduduk miskin sekitar 20,53 persen. Dari sekian penduduk miskin terdapat 7 ribu orang menderita cacat, 13,6 ribu menderita penyakit kronis,” paparnya.

Kemudian terdapat 27.533  rumah tidak layak huni, dimana 50,41 persen tidak memiliki fasilitas air besar. Serta sebanyak 1.159 anak usia sekolah SD dan 2,167 anak usia sekolah SMP belum menikmati pendidikan dikarenakan alasan ekonomi.

“Tantangan tersebut menjadi prioritas kebijakan pada tahun 2016.  Yakni program pemugaran rumah tidak layak huni, jambanisasi, penanganan anak usia sekolah, perluasan cakupan pelayanan kesehatan bagi keluarga miskin.Program perluasan pelayanan orang dengan kecacatan berat serta melanjutkan program SMK gratis bagi keluarga kurang mampu,” lanjutnya.

Selain itu juga perbaikan infrastruktur dengan peningkatan kualitas 50 ruas jalan, pengembangan irigasi slinga serta peningkatan destinasi wisata. Prioritas ini berdasarkan amanat UU nomor 23 tahun 2014  tentang pemerintah daerah yakni mempercepat terwujudnya kesejahteraan mayarakat

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!