by

Hari Ini Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tiwi-Dono dan Oji-Jeni Ditetapkan KPU Purbalingga. Paslon Tidak Diundang

-Politik, Update-dibaca 6.39Rb kali | Dibagikan 35 Kali

Penetapan bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Purbalingga  akan dilaksanakan Rabu (23 September 2020). Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga tidak akan mengundang bakal paslon.

“Penetapan paslon akan dilakukan pada rapat pleno secara internal. Setelah itu baru dilakukan pengumuman penetapan paslon. Sehari setelah itu akan diundi untuk nomor urut paslon,” kata Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Eko Setiawan kepada media siber lintas24.com, Selasa (22 September 2020).

Ia memastikan, rapat pleno KPU pun bakal digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Setelah paslon ditetapkan, hasilnya akan ditempel di papan pengumunan KPU dan diumumkan di situs KPU.

Mekanisme ini sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pencalonan Pilkada 2020,” katanya.

Sehari setelah penetapan paslon lanjutnya, yakni 24 September 2020, KPU akan menggelar pengundian nomor urut. KPU akan menyiarkan secara live melalui jejaring media online. Berdasarkan ketentuan hanya beberapa orang yang boleh masuk.

” Berbeda dengan penetapan paslon yang hanya melibatkan KPU, pengundian nomor urut akan mengundang pasangan calon yang telah ditetapkan. Yang boleh masuk paslon, partai pengusung, tim kampanye, Liaison officer (LO),dan perwakilan tokoh masyarakat. Jadi setelah kami hitung yang boleh masuk di kisaran 30 orang,” jelasnya.

Dia menuturkan, live streaming akan dilaksanakan dari awal hingga akhir kegiatan.

“Masyarakat diharapkan tidak ikut atau melihat langsung ke kantor KPU Kabupaten Purbalingga,” tegasnya.

Bakal pasangan Calon Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (kiri) dan Sudono (kedua dari kiri) mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga, Jawa Tengah,.didampingi Ketua DPC PDI Perjuangan Purbalingga Bambang Irawan serta Ketua Tim kampanye M. Ichwan, Jumat (4 September 2020). Foto : mahendra yudhi krisnha_lintas24.com

Comment

Berita Lainnya