by

Hari Ini 1 Juli 2020, Polisi Akan Berikan 4.308  SIM A dan C Gratis

-hukum, Update-dibaca 4.81Rb kali | Dibagikan 37 Kali

Hari ini, 4.308 warga di seluruh Indonesia yang lahir pada tanggal 1 Juli akan mengikuti program pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis . Program ini didedikasikan Polri untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020. Seluruh Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) di Polres menjalankan program ini

“Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara,” ungkap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, kepada cyber media lintas24.com, Rabu (1 Juli 2020)

Ia menjelaskan, kebijakan ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri Jenderal Idham Azis Nomor: ST/167/VI/YAN.1.1/2020 tertanggal 12 Juni 2020 dan ditandatangani Kakorlantas Irjen Pol Istiono. Dalam telegram ini disebutkan pelayanan penertiban SIM di Satpas setiap wilayah di seluruh Indonesia diminta untuk memberikan pelayanan khusus dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusuf menambahkan layanan ini khusus SIM A dan C. Syaratnya membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik, dan membawa SIM asli untuk proses perpanjangan.

“Sampai saat ini jumlah warga yang sudah mendaftar program SIM gratis ini sebanyak 4.308 orang di seluruh Indonesia,” katanya.

Comment

Berita Lainnya