Hardiknas 2018, BNI Cabang Purbalingga Kenalkan Perbankan Lebih Dekat ke Pelajar

By: On: Dibaca: 7,399x
Hardiknas 2018, BNI Cabang Purbalingga Kenalkan Perbankan Lebih Dekat ke Pelajar

Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) Cabang Purbalingga memanfaatkan momentum Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 dengan Field Trip mengajak para pelajar SLTA untuk mengenali dunia perbankan lebih dekat, Rabu (2/5) lalu. Kegiatan yang juga dilaksanakan serentak oleh outlet BNI dari Sabang sampai Merauke ini mengangkat tema Banking Service Excellence.

BNI Cabang Purbalingga sendiri melaksanakan kegiatan ini di tiga tempat dengan peserta 100 siswa tingkat SLTA. Diantaranya 50 siswa SMKN 1 Purbalingga di Kantor Cabang BNI Purbalingga, 25 siswa SMA Muhammadiyah 2 Purbalingga di kantor cabang pembantu BNI Bobotsari dan 25 siswa SMAN 1 Banjarnegara di kantor cabang pembantu BNI Banjarnegara.

“Perlu kita kenalkan kalau dunia perbankan itu terus mengalami perubahan. Jika dulu sistemnya home banking, sekarang 70 % transaksi dilakukan melalui ATM. Bahkan perkembangan terbaru transaksi bisa dilakukan melalui posel android atau laptop saja, kedepannya mungkin belanja tak perlu uang tunai lagi,” kata Pimpinan BNI Cabang Purbalingga, Antonius Eko Haryoto saat memberikan sambutan kepada para siswa SMKN 1 Purbalingga.

 Ada beberapa kegiatan pengenalan yang diikuti siswa kelas XI jurusan akuntansi pada Field Trip kali ini. Mulai dari sistem pengamanan yang dilakukan oleh petugas Satpam. Mereka langsung dipandu oleh Satpam dikenalkan ruang jaga, tanggung jawab parkir, ATM, penjagaan luar-dalam siang-malam, mengatur antrian, membantu dan mengarahkan pengisian form dari nasabah. Selain itu juga pengamanan ekstra saat pengisian ulang uang di mesin ATM.

Pada bagian Customer Sevice (CS) mereka dikenalkan mengenai teknis pembukaan rekening, konsultasi aneka macam kredit juga menerima komplain. Kegiatan berlangsung interaktif, siswa banyak menanyai tentang komplain keamanan ATM. Bagaimana menangani solusi ketika jika menjadi korban kejahatan ATM tertelan/card tripping ataupun skimming atau duplikasi kartu ATM. “Kartu ATM BNI telah dilengkapi chip yang jika dilakukan skimming akan otomatis terblokir sebagai pengamanan,” terang Indriyani salah satu CS BNI Cabang Purbalingga kepada siswa.

Pada bagian Teller siswa diterangkan berbagai hal, mulai dari pelayanan penyetoran atau penarikan uang, peghitungan uang dan pendeteksian uang palsu, serta regulasi Bank Indonesia (BI) terhadap BNI. Teller juga menjelaskan konsekuensi dan solusi jika salah menghitung uang atau input data, sehingga terjadi perbedaan antara uang dalam brankas dengan data. Masih di front office siswa diperkenakan mengenai produk Bancassurance yakni pelayanan asuransi kepada nasabah.

Sementara di bagian back office mereka dikenalkan mengenai layanan kredit. Mulai dari jenis-jenis kredit produktif dan konsumtif serta proses pelayanan pinjaman mulai dari pengajuan, survei, persetujuan hingga realisasi. Siswa banyak menanyakan solusi jika terjadi kredit macet serta bagaimana pelaksanaan jika sampai pada lelang agunan.

Menurut PGS Wakil Pimpinan Bidang Pelayanan Nasabah BNI Cabang Purbalingga, Emanuel Sarjanto kegiatan Field Trip ini bertujuan untuk Bertujuan untuk memperkenalkan penerapan service excellence di dunia perbankan sekaligus budaya melayani sejak dini kepada generasi muda penerus bangsa.

“Salah satu bukti bahwa ada kontribusi nyata seluruh masyarakat dalam hal ini peningkatan kualitas  melalui sektor pendidikan sekaligus menunjukan tanggungjawab BNI sebagai bank Development,” katanya.

Sementara salah satu guru Akuntansi SMKN 1 Purbalingga, Khanif Luqman Hakim SPd mengapresiasi kegiatan Field Trip yang dilaksanakan oleh BNI ini. “Bagi kami ini sangat baik untuk anak-anak, mereka bisa tahu langsung perbankan, bagaimana menanggapi customer, memberi kredit ke nasabah, bagaimana bank mengelola asetnya seperti keamanan bagaimana mengisi ATM. Anak menjadi punya gambaran bahwa antara apa yang dipelajari di sekolah dengan dunia nyata ternyata sama,” paparnya. (Ganda Kurniawan)

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!