Hanya 400 AUSTS yang Bersedia Disekolahkan

By: On: Dibaca: dibaca 6.82Rbx
Hanya 400 AUSTS yang Bersedia Disekolahkan

Cyber Media Lintas24.com-Ketua Komisi III DPRD Purbalingga, HR Bambang Irawan SH menguraikan, hanya sekitar 400 anak usia sekolah tidak sekolah (AUSTS) di Kabupaten Purbalingga. yang bersedia disekolahkan. Padahal jumlahnya ada adanya sekitar 1.500 AUSTS yang akan disekolahkan oleh Pem Kabupaten Purbalingga.

“Saya prihatin sekali, tapi memang ada kendala di lapangan yang tidak sedikit. Seperti anaknya di luar kota, sudah bekerja dan partisipasi yang rendah,” katanya.

Menurutnya, kendala itu tentu saja tidak harus dijadikan halangan untuk melaksanakan program pengentasan AUSTS. DPRD Purbalingga akan terus menyokong dan mendorong program tersebut. Namun demikian hal itu tidak bisa dilakukan hanya oleh Pemkab dan DPRD saja.

“Bupati dan wabup sudah berkomitmen mengentaskan kemiskinan. Salah satunya adalah menekan angka AUSTS di Purbalingga. Ya, Kembali lagi, kesadaran dan partisipasi masyarakat sangat diharapkan untuk mewujudkan Purbalingga yang nol buta huruf dan masyarakat yang memiliki pendidikan lebih baik lagi,” katanya.

Sebelumnya, Wabup Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, AUSTS di Purbalingga masih tergolong banyak, yakni untuk AUSTS setingkat SD sebanyak 2 ribu anak dan setingkat SMP sebanyak 5 ribu. Itu dikarenakan program wajib belajar 9 tahun belum sepenuhnya terlaksana.

“Untuk itu memajukan pembangunan bidang pendidikan di Purbalingga maka diperlukan partisipasi semua pihak terutama pera serta masyarakat dalam pengelolaan pendidikan,” katanya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!