by

Hanya 19% Warga Indonesia Ikut Sensus Penduduk Online

Hanya sekitar 19,05% penduduk Indonesia yang berpartisipasi dalam sensus online pertama di Indonesia. Saat sensus online ditutup pada tanggal 29 Mei 2020,  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat  jumlah penduduk Indonesia yang berpartisipasi adalah sebesar 51,36 juta orang atau setara 19,05 persen.

“Dengan memperhatikan bahwa ini adalah sensus penduduk yang pertama kali di Indonesia harus bilang bahwa kepedulian masyarakat Indonesia terhadap data sangat luar biasa sekali lagi,” tutur  Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto, dalam video conference di Jakarta.

Ia mengungkapkan, di dalam pelaksanaan sensus penduduk online jumlah penduduk Indonesia adalah 270 juta sehingga dengan respon sebesar 51,36 juta penduduk ini berarti persentase penduduk yang berpartisipasi adalah 19,05% dari total penduduk Indonesia.

“Masih ada sekitar 220 juta jiwa lagi penduduk Indonesia yang belum mengikuti survei,” ungkapya

Mensiasati hal ini lanjutnya, BPS pun berencana bakal kembali melakukan survei penduduk, namun tidak secara online, namun langsung mendatangi secara door to door pada bulan September 2020 nanti, tapi dengan syarat bahwa pandemi Covid-19 sudah berkurang atau berakhir.

“Yang akan kita kerjakan sesudah sensus online nya berakhir ini kita akan melakukan sensus lagi pada bulan September 2020 yang kita lakukan secara door to door.Untuk mendukung langkah ini, BPS sendiri akan merekrut relawan untuk membantu BPS menyelesaikan sensus penduduk sebanyak 247 ribu orang,” ungkapnya.

 

 

Comment

Feed Berita