by

Hanya 15 Hektare Sawah Yang Minta Klaim Asuransi

-Daerah, Update-dibaca 31.25Rb kali | Dibagikan 18 Kali

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dinpertan KP) Kabupaten Banyumas menyebut hanya 15 hektar sawah yang terdata melakukan klaim asuransi kegagalan panen karena puso. Padahal, pada musim kemarau tahun ini total sawah yang mengalami puso mencapai 300 heltare lebih.

“Sekarang klaim asuransi masih dalam proses dan yang baru cair untuk 3 hektare dari klaim asuransi 15 hektare sawah. Padahal Total tanaman padi yang puso cukup banyak, sampai 300 hektare lebih ,” kata Kepala Dinpertan KP Banyumas, Widarso.

Ia mengatakan, minimnya pengajuan klaim asuransi dari para petani disebabkan yang mengikuti program asuransi hasil pertanian memang sedikit. Padahal, jika ditelisik lebih lanjut, petani akan sangat diuntungkan dengan asuransi pertanian. Terutama saat musim kemarau panjang seperti sekarang ini, atau pun pada saat cuaca ekstrem.

“Sayangnya, petani kita masih susah diajak ikut asuransi, sehingga hanya sebagian kecil saja yang mendapatkan ganti rugi dari asuransi atas kondisi gagal panen,” kata dia.

 

 

 

Comment

Berita Lainnya