Gus Yazid Panen Raya Jambu Kristal Kebumen

By: On: Dibaca: dibaca 8.66Rbx
Gus Yazid Panen Raya Jambu Kristal Kebumen

Tanaman jambu kristal seluas 23 hektare di Desa Wergonayan, Kecamatan Mirit  Kabupaten Kebumen siap dipanen. Jambu kristal termasuk buah yang banyak diminati karena memiliki keistimewaan selain daging buahnya tebal, bijinya pun terbilang sedikit.

Baca Juga : Kabupaten Purbalingga, Cilacap, Banyumas dan Kebumen Terima Dana CSR BUMN Rp2,5 Miliar

Manisnya jambu kristal sama halnya buah pir. Karena diminatinya buah tersebut, budidaya jambu kristal tergolong menjanjikan. Hal ini diketahui berbuahnya sepanjang waktu 7-10 bulan dari masa tanam.

Baca Juga : Family Gathering Warga Perum Griya Abdi Kencana Purbalingga Nikmati Indahnya Pantai Suwuk dan Goa Jatijajar Kebumen.

“Seperti yang kita lihat di area tanaman jambu kristal ini, produksi jambu kristal ini cukup menggembirakan. Buahnya cukup lebat sehingga kita bisa melakukan panen bersama,” ungkap Bupati Kebumen Yazid Mahfudz atau lazim dipanggil Gus Yazid kepada cyber media lintas24.com.

Baca Juga : Rumah Martha Tilaar Gelar Festival Dolanan Anak

Gus Yazid berharap, semua pihak ikut berpartisipasi mengenalkan jambu kristal. Dengan begitu, usaha pertanian ini berdampak meningkatkan penghasilan petani. Seperti halnya Gapoktan Jadi Makmur Desa Wergonayan, Mirit mampu memproduksi panen perpohon sebanyak 8 kg per bulan atau 96 kg per tahun dengan 1.200 pohon.

“ Artinya dalam setahun desa ini mampu menghasilkan 115.200 kg. Harganya sekarang sekitar Rp 7 ribu per kilogram. Dengan begitu, pemasukan yang diperoleh dari penjualan jambu kristal mencapai Rp 806 juta per tahun,”ungkapnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!