by

Guru di Padamara Terima Pelatihan B3B USAID Prioritas

-Pendidikan-dibaca 108.38Rb kali | Dibagikan 29 Kali

P1010027

PURBALINGGA- Sejumlah guru Sekolah Dasar Negeri Wilayah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Padamara memberikan apresiasi terhadap tim United States Agency for International Development (USAID) Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesias Teachers, Administrators, and Students (Prioritas) dalam mengajarkan metode pembelajaran paket Buku Bacaan Berjenjang (B3).

“Pembelajaran model seperti ini sangat bagus, disampaing anak-anak cepat mengerti dalam hal bacaan juga mampu meningkatkan kemampuan dalam literasi bacaan,” tutur Kepala SD Negeri 2 Karangsentul, Dwi Heri Sasongko, S.Pd kepada elemen dan lintas24.com.

Menurut dia, metode tersebut dikolaborasikan dengan metode sebelumnya agar anak sekolah kelas awal bisa segera merespon apa yang ia baca dan membuat kesimpulan dari bacaannya yang selama ini belum tersosialisasi dengan baik.

“Kami melihat metode ini ada pengelompokan, kendati kami juga menerapkan itu sebelumnya secara rata. Yang berbeda adalah pengelompokan dibagi menjadi tiga yakni anak merespon cepat, sedang dan lambat,” ucapnya.

Koordinator Teknis Pendidkan dan Pelatihan B3B USAID Prioritas, Ari Purnomo Aji memapakan buku pakem B3 tersebut adalah buku yang dirancang khusus untuk menarik minat baca anak-anak dalam program literasi dan budaya gerakan membaca.

“Anak-anak kita saat ini sangat rendah literasinya terkait bacaan dan tidak sepenuhnya memahami apa yang dibaca. Melalui metode ini anak-anak akan dirangsang untuk membaca cepat dan bisa mengetahui isi buku dan kesimpulannya,” ujar Hamsah.

Sebelumnya, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Wilayah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Kejobong. Fasilitator (DF) USAID Prioritas, M. Qomarudin Yahya, S.Pd menjelaskan, pada putaran pertama tanggal 5-7 April 2016 diselenggarakan serentak di tiga wilayah Kecamatan berbeda, yakni, Gugus KH. Dewantara Kecamatan Bukateja di SD Negeri 2 Kutawis dan Gugus  Jodhipati Kecamatan Kemangkon di SD Negeri 1 Toyareka, dan Gugus Akhmad Yani Kecamatan Kejobong di SD Negeri 3 Langgar.

“Untuk  Pendistribusian B3 untuk SD dan MI se Gugus Akhmad Yani Kecamatan Kejobong berjumlah 75 judul buku atau sejumlah 600 examplar,”ungkap Yahya.

Yahya menambahkan, USAID Priorotas Jawa Tengah memberikan bantuan ke 200 Sekolah/ Madrasah di Kabupaten Purbalingga dengan total 120.000 examplar yang terdiri dari 75 judul buku.

“Setelah mendapatkan pendidikan dan pelatihan diharapkan para guru dapat menerapkan dalam pembelajaran di kelas,”ungkap Yahya. (muhammad noor).

Comment

Berita Lainnya