Gubernur Jateng Ganjar Prihatin, Masyarakat Lebih Suka Baca Whatsapp Dibanding Buku

By: On: Dibaca: 7,257x
Gubernur Jateng Ganjar Prihatin, Masyarakat Lebih Suka Baca Whatsapp Dibanding Buku

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengaku prihatin dengan tingkat literasi orang Indonesia masih rendah. Orang Indonesia lebih suka membaca whatsapp dibanding buku. Bahkan kadang dari situ, oleh masyarakat informasi yang hoaks lebih menarik dari pada yang benar-benar dan positif.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Ganjar saat mengunjungi perpustakaan Cita Ganesha SMA Negeri 1 Purbalingga yang mewakili Propinsi Jawa Tengah dalam Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional 2019, Jumat (12 Juli 2019)

“Maka narasi kita, narasi kebimbangan, narasi pesimis, tidak pernah memunculkan optimisme sehingga mental kita tidak pernah menjadi juara, mental kita the loser,” katanya

Belajar dari Negara maju, Ia menceritakan pengalamannya saat ke Amsterdam dan masuk ke salah satu perpustakan. Di perpustakaan ia mendapati orang yang tergabung dalam komunitas pemain catur. Hanya untuk bermain catur saja mereka tekun membaca mencari langkah-langkah bermain, bagaimana saat dia menang, bagaimana saat dimatikan dan sebagainya.

“Dan disitu dia baca – praktik – baca – praktik. Kenapa Negara itu menjadi maju, itu karena literasinya cukup,” katanya.

Ia menjelaskan dalam hal performa membaca saja, Singapura merupakan juaranya dengan skor membaca 535 (menurut rilisan Organisation for Economic Co-Operation and Develompent tahun 2015). Bahkan mengungguli Kanada dan Hongkong keduanya dengan skor membaca 527. Sedangkan urutan ke-4 Finlandia mendapatkan skor membaca 526.

“Padahal Finlandia sekolahnya seminggu hanya 4 hari dan itupun tidak sampai sore. Saya minta kepada Dinas Pendidikan, cari guru yang berprestasi di bidang apapun, saya beri hadiah untuk berangkat di Finlandia untuk studi banding,” katanya.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!