Grup Rebana SMP Negeri 3 Purbalingga Tampil Gemilang di MAPSI Purbalingga

By: On: Dibaca: dibaca 14.35Rbx
Grup Rebana SMP Negeri 3 Purbalingga Tampil Gemilang di MAPSI Purbalingga

Grup Rebana SMP Negeri 3 Purbalingga menyabet juara 1 dalam lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) SMP ke XII tingkat Kabupaten Purbalingga tahun 2019, di Pendopo Dipokusumo, Sabtu (7 September 2019).

Dalam lomba MAPSI itu,  SMP Negeri 3 Purbalingga meraih nilai terbanyak dari SMP Negeri 1 Karangmoncol yang menempati juara 2 dan SMP Istiqomah SAMBAS di peringkat ketiga.

Kepala Sekolah, Subarno menuturkan, SMP Negeri 3 Purbalingga kembali tampil gemilang. Seni Islami itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seni Hadroh itu bisa menjadi sebuah hiburan sekaligus sebagai penguat spiritual siswa.

“Selanjutnya SMP Negeri 3 Purbalingga akan mewakili kabupaten Purbalingga untuk mengikuti Lomba MAPSI Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Rembang, 24 hingga 26 Oktober 2019 mendatang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, lomba MAPSI merupakan agenda tahunan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI)

“Rebana juga dapat memotivasi untuk meningkatkan sikap spiritual anak didik melalui seni Islami. Setelah menjuarai 1 Lomba Hadroh tingkat Kabupaten,  harapannya Hadroh terus lestari sebagai kegiatan extrakulikuler siswa di SMP N 3 Purbalingga. Saya juga mohon kerja sama yang solid antara Sekolah, Komite Sekolah, dan orang tua murid. Tanpa adanya dukungan dari orang tua /wali murid dalam setiap kegiatan lomba maka dapat dipastikan tidak akan jalan,” tuturnya.

Pelatih Rebana, Arin Hidayat menambahkan, prestasi gemilang ini menjadi kebanggaaan bersama. Kerja keras, kekompakan, kebersamaan serta keseriusan siswa dalam berlatih sebelum mengikuti lomba menjadi pondasi kesuksesan.

“Dukungan dari sekolah dan peran orang tua yang luar biasa menjadi pondasi kesuksesan setiap kegiatan lomba apa saja termasuk rebana di perlombaan lomba MAPSI kali ini,” katanya

Dalam lomba MAPSI tingkat Kabupaten Purbalingga, dilombakan tilawah putra-putri, tartil putra-putri, musabaqoh hifdzil Quran (MHQ) putra-putri, pidato putra-putri, kaligrafi putra-putri, hadroh (grup) dan cerdas cermat Islam.(yoga tri cahyono)

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!