Grup Rebana Polwan Jajaran Polres Purbalingga Tampil Memakau di Gema Rebana LPPL Radio Gema Soedirman

By: On: Dibaca: 10,024x
Grup Rebana Polwan Jajaran Polres Purbalingga Tampil Memakau di Gema Rebana LPPL Radio Gema Soedirman

 

Kekompakan anggota Polri sudah pasti tidak diragukan lagi. Seperti terlihat penampilan 25 anggota Polisi Wanita (Polwan) di jajaran Polres Purbalingga. Mereka terlihat sangat piawai dan antusias menabuh rebana atau diwilayah Purbalingga lazim disebut dengan terbang genjring. Instrumen alat musik terbang ini pada tepinya terdapat piringan kecil logam, sehingga menghasilkan suara gemrincing berkolaborasi dengan orgen terdengar syahdu ditelinga.

Apalagi ditambah dengan lantunan syair-syair lagu yang liriknya mengandung unsur islami dari Bripka Dwi Sulasmi (Subbag Humas), Bripka Jayanti (Bag Sumda), Bripka Adiska (Sat Intelkam), Brigadir Tri Aryani (Satlantas), Bripda Rizka (Bag Sumda), Bripda Essa Setya (Satlantas) membuat suasana menjadi khidmat.

Ya, para Polwan ini sedang menyuguhkan kesenian tradisional terbang genjring dalam acara Gema Rebana yang diselanggarakan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gema Soedirman, kompleks Kelurahan Bojong, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Rabu (29 Mei 2019).

“Grup rebana Polwan di jajaran Polres Purbalingga ini dibawah pembinaan Kapolres Purbalingga, Bapak AKBP Kholilur Rochman, SH SIK MH,”ungkap Kompol Khomsiyah.

Pelatih rebana, Arin Hidayat menambahkan, untuk belajar bermain rebana bukanlah hal yang sulit yang penting ada kemauan yang keras untuk belajar keras dan berusaha bisa untuk memainkan alat musik satu ini.

“Kekompakan merupakan modal utama dalam memainkan rebana secara bersama-sama,”ungkapnya

Direktur Program LPPL Radio Gema Soedirman, Eti Tri Setyowati, mengatakan, selain Gema Rebana, pihaknya menggelar program acara bernuasa islami bekerja sama dengan salah satu sekolah berupa dai kecil Mutiara Ramadan. Kemudian bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purbalingga, antara lain Dialog Interaktif Obrolan Seputar Ibadah Puasa dan hadir untuk menemani santap sahur ada acara Sahur Obrolan Siwar Sinur.

“Gema Rebana ini diharapkan sebagai media untuk terus menghidupkan kesenian yang bernuansa islami, mempererat silaturahmi, meningkatkan amaliah Ramadan, dan menggelorakan syiar Islam. Para peserta yang tampil dan disiarkan secara langsung juga akan mendapatkan CD hasil rekaman dan mendapat takjil untuk buka puasa,”ungkapnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!