Gracia Vanya Mulyono, Karateka Purbalingga Sabet Emas Popda

By: On: Dibaca: 8,273x
Gracia Vanya Mulyono, Karateka Purbalingga Sabet Emas Popda

 

Atlet karate putri asal Purbalingga, Gracia Vanya Mulyono (10) berhasil menyabet medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat SD Jawa Tengah 2018 di Semarang awal pekan ini. Dia menjadi juara I di kelas kata perorangan putri.

Dalam partai final, siswa kelas V SD Kristen Bina Harapan Purbalingga ini menang telak dengan skor 5-0 atas lawannya, atlet dari Kabupaten Wonosobo. Padahal lawannya, dulu adalah lawan yang sama pada O2SN Jateng 2017 yang pernah mengalahkannya dengan skor 2-3.

“Dalam partai final kemarin, Vanya berhasil revans atas lawannya dulu,” kata pelatih senpai Bambang dari Dojo Senshu Lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari) Kabupaten Purbalingga .

Sebelumnya, Vanya mengikuti seleksi Popda di tingkat kecamatan lolos hingga tingkat kabupaten. Menurut Bambang, seleksi di tingkat eks-Karesidenan Banyumas di Banjarnegara dinilai cukup berat karena harus menghadapi atlet dari Kabupaten lain.

Namun dia berhasil melewatinya dan berlaga di tingkat provinsi.Sangat bersyukur di provinsi juara I. Ini prestasi luar biasa mengingat beberapa daerah dengan tradisi atlet karate yang kuat seperti Karesidenan Surakarta, Karesidenan Pati dan Semarang, dapat dilalui,” imbuhnya.

Menurut Vanya, selama pertandingan, dia tidak berpikir apa pun kecuali bisa menampilkan aksi terbaiknya. Terlebih lagi lawan-lawannya banyak yang berpostur lebih besar dan jam terbang yang tinggi. “Saya hanya menuruti perintah senpai, bertanding sebaik mungkin.”

Orang tua Vanya, Budi Mulyono dan Friska Susanto mengatakan, mereka sangat mendorong anaknya untuk berprestasi selama hal itu disukai anaknya. Mereka berharap, prestasi Vanya menjadi pemicu semangat teman-teman sekolahnya untuk bisa berprestasi juga.

Dalam Popda tingkat SD Jateng kemarin, Kabupaten Purbalingga mengirimkan empat atlet. Mereka berhasil menyumbang satu emas dan satu perunggu. Emas diraih Vanya dan perunggu didapat oleh Haidar Aka Juniar

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!