GP Ansor dan Banser Diharapkan Jadi Orang Berkelas Dunia

By: On: Dibaca: 55,062x
GP Ansor dan Banser Diharapkan Jadi Orang Berkelas Dunia

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purbalingga, Drs Agus Winarno MSi berharap Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) bisa menghadapi tantangan-tantangan globalisasi. Oleh karenannya ke depan setidaknya harus menguasai beberapa aspek agar bisa menjadi World Class People (orang berkelas dunia).

Hal itu diungkapkan Agus Winarno dalam acara Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) GP Ansor dan Diklatsar Banser PAC Ansor dan Satkoryon Kecamatan Rembang di SDN 3 Sumampir, Kamis (6/7).

“Untuk menjadi world class perople itu seperti apa? yaitu punya integritas dan profesional. Integritas itu jujur, memegang teguh prinsip moral dan selalu mengerjakan yang terbaik. Sedangkan profesional itu kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif,” kata Agus Winarno

Selain itu GP Ansor dan Banser selaku pemuda juga harus menguasai IT, bahasa asing, hospitality (keramahan) serta jiwa enterpreneur yaitu bisa memanfaatkan sumber daya menjadi lebih bermanfaat. Oleh karena itu pelaksanaan PKD dan Diklatsar ini dinilai sangat bermanfaat dalam pengembangan karakter para kader-kader Nahdatul Ulama (NU).

“Saya sangat menaruh harapan besar, agar para generasi muda khususnya Banser untuk mempersiapkan diri kalian dengan sebaik-baiknya. Banser harus memiliki paradigma terlatih, trampil dan berdaya guna, memiliki kesadaran bahwa keterlibatannya didalam organisasi mampu menjadi agen pembaharuan bagi masyarakat, peka dan berperan aktif di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Ia juga berharap dari kegiatan itu akan dapat memunculkan kader-kader muda yang tangguh, handal dan tidak cengeng, sehingga diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam ikut mempersiapkan calon-calon pemimpin bangsa dan negara khususnya dari warga nahdliyyin.

“Banggalah jadi warga NU, jangankan jadi pengurus atau kader, ibarat hanya jadi debu yang menempel pada bendera NU juga sudah sangat membanggakan,” ungkapnya.

Agus menyampaikan, selama ini keberadaan Banser di Kabupaten Purbalingga, telah terbukti banyak memberikan kontribusi positif. Dalam setiap kegiatan keagamaan maupun kegiatan sosial, banser dengan komando dari GP Ansor langsung bergerak turun untuk melaksanakan pengamanan. Kegiatan ibadah umat agama lainpun, banser dengan sigap melaksanakan pengamanan dengan tujuan memberikan kenyamanan bagi pemeluk agama lain untuk melaksanakan peribadatan.

“Itulah bentuk toleransi dan wujud pluralisme yang menjadi ciri khas NU yang langsung dipraktekkan Banser di lapangan. Bukan hanya itu saja, Banser Purbalingga juga aktif dalam pelaksanaan pertolongan kebencanaan yang beberapa kali menimpa di wilayah Kabupaten Purbalingga,” tuturnya.

Oleh karenanya, atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Purbalingga, Agus menyampaikan ucapan terima kasih atas darma bhakti banser kepada pemerintah. Ia berharap agar sinergi yang telah terjalin selama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan kedepannya.

“Saya berdoa semoga banser istiqomah melaksanakan fungsi, tugas, tanggungjawab, kewajiban, perilaku, kode etik dan doktrin serta nawa prasetya Banser,” katanya.

Sementara itu Wakil Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat GP Ansor Ulil Archam SE mengatakan kegiatan PKD dan Diklatsar ini dinilai sangat penting dan diharapkan akan berdampak pada kehidupan di masyarakat.

“Pertama, berdampak pada semangat beragama. Jangan sampai setelah selesai PKD dan Diklat semangat agama menurun. Harus meningkat, ketika mendengar adzan cepat-cepat  datang ke masjid, pengajian juga ikut, jangan sampai setelah dan sebelum perilakunya masih sama,” katanya.

Ia menambahkan para kader juga semangat dalam bernegara. Diantaranya dalam upaya mengisi kemerdekaan, dan membentengi upaya dari pihak-pihak yang akan menggeser nasionalisme.

“Saya harapkan lagi juga ada dampak bagi kemanusiaan. Ansor ini organisasi sosial kemasyarakatan, Diharapkan setelah menjadi anggota, kita menjadi lebih baik dan sering menolong sesama,” ungkapnya

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!