by

Google Ubah Verifikasi Keamanan ke Notifikasi Ponsel

-Teknologi, Update-dibaca 2.37Rb kali | Dibagikan 16 Kali

Google akan mengubah verifikasi dua langkah atau 2FA dilakukan dengan mengirim kode unik lewat SMS. Nantinya, kode unik verifikasi dua langkah akun Google akan dikirim melalui notifikasi ponsel secara langsung.

Google mengatakan bahwa “on-device prompt” pada ponsel dinilai lebih aman, dibandingkan teks atau kode suara yang dikirim lewat SMS. Tentunya hal ini akan mempermudah pengguna saat melakukan verifikasi tanpa harus memasukkan kode yang dikirimkan lewat SMS secara manual.

“Mulai Juli mendatang. Kami berharap hal ini dapat membantu pengguna tanpa harus memasukkan kode secara manual meskipun mereka masih dapat menggunakan metode lain untuk verifikasi dua langkah,” tulis Google dalam blog resminya.

Kode verifikasi dua langkah (2FA) nantinya tidak dikirim melalui SMS tetapi akan dimunculkan lewat notifikasi telepon secara default. Sebagai informasi, verifikasi dua langkah atau two-factor authentication (2FA) merupakan skema keamanan yang memanfaatkan email dan nomor telepon pengguna.

Singkatnya, verifikasi dua langkah adalah sistem keamanan tambahan, yang mengharuskan pengguna memasukkan deretan kode saat akan masuk ke dalam akun tertentu. Kode tersebut biasanya dikirimkan melalui nomor ponsel milik pengguna.

Namun perlu diingat, fitur ini hanya akan berlaku bagi pengguna akun Google yang tidak menggunakan kunci keamanan seperti Google Titan.

Key diklaim lebih aman, dibanding otentikasi dua faktor yang mengirimkan kode melalui SMS. Pasalnya, Titan security key menggunakan proteksi keamanan multifactor untuk melindungi akun penggunanya. Rencananya, fitur ini akan diluncurkan pada tanggal 7 Juli 2020 nanti dan akan tersedia bagi seluruh pengguna Google dan pelanggan G Suite.

 

 

 

Comment

Berita Lainnya