by

Google Pasang Cek Fakta di Google Image Search

-Teknologi, Update-dibaca 2.35Rb kali | Dibagikan 23 Kali

Cek fakta baru-baru ini disematkan Google untuk hasil pencarian lewat Google Image Search. Label cek fakta tersebut akan dimunculkan di bagian bawah gambar-gambar tertentu dari hasil pencarian lewat Google Image Search.

Google menulis label “Fact Check” tersebut ditampilkan dengan maksud membantu pengguna memastikan keaslian gambar yang mereka lihat pada Google Image Search. Ketika pengguna meng-klik salah satu hasil pencarian gambar dalam format yang lebih besar, maka mereka akan melihat ringkasan cek fakta berdasarkan sumber web yang tercantum.

“Label ini ditujukan untuk mengecek fakta artikel-artikel tentang gambar tertentu maupun artikel yang mencantumkan gambar,” tulis Group Product Manager Search Google, Harris Cohen, dalam sebuah posting blog.

Menurut Google, label cek fakta hanya akan dimunculkan pada gambar yang berasal dari sumber resmi yang memenuhi standar dengan melalui skema ClaimReview. ClaimReview sendiri merupakan metode penilaian gambar yang telah diverifikasi dan dimunculkan lewat “search engine” pada Google.

Dalam posting blog Google, Cohen menjelaskan bahwa menambahkan label cek fakta atau skema Claim Review ini tidak akan memengaruhi ranking sumber gambar dalam Google Image Search.

“Sistem kami dirancang untuk menampilkan informasi yang paling relevan dan bisa diandalkan, termasuk dari sumber yang menyediakan fact checking,” imbuhnya.

 

 

 

Comment

Berita Lainnya