by

Google Maps Versi Gelap Bisa Dinikmati di Android

-Teknologi, Update-dibaca 15.54Rb kali | Dibagikan 46 Kali

Pengguna Google Maps di ponsel pintar Android sudah dapat menikmati menu dark mode. Kebanyakan yang sudah menikmati fitur dark mode adalah pengguna dengan OS Android 10 dan 11, mereka menggunakan aplikasi Google Maps versi 10.51.1.

Merangkum dari 9to5Google, versi gelap ini akan menampilkan latar belakang peta berwarna paling gelap, sedangkan jalan akan ditampilkan dengan warna abu-abu terang. Sementara teks, pin dan ikon tetap bisa terlihat dengan jelas.

Meskipun dengan versi gelap, teks, pin, dan ikon tetap memiliki warna yang lebih cerah. Fitur dark mode bisa dipilih dari menu baru “Appearance” yang ada di Settings. terdapat tiga opsi tampilan yang ditawarkan, yakni Light theme (terang), Dark theme (gelap), dan Default.

Bagi Anda yang memiliki Android 10 atau 11, dan telah mengupdate Google Maps ke versi 10.51.1, bisa mengecek apakah menu “Appearance” sudah terdapat di kolom Setting atau belum.

Belum dikektahui kapan Google mulai menyebar fitur ini secara luas. Setelah disebar luas di Android nanti, kemungkinan versi iOS juga akan mendapat pembaruan yang sama.

Menu Settings bisa diakses dengan cara membuka profil foto akun google Anda di aplikasi Google Maps, di pojok kanan atas berdekatan dengan kolom percarian dan mikrofon berwarna hitam di sisi atas aplikasi. Jika menu Appearance di Settings telah muncul, di bawah opsi tersebut akan tertulis keterangan “Default to device theme”. Pilihlah opsi tersebut.

Selanjutnya, Google Maps akan memunculkan pop up Appearance yang terdiri dari tiga opsi tadi, yakni Light Them, Dark Theme, dan Default to device theme. Pilihlah salah satu di antara ketiganya. Setelah Anda pilih, Anda dapat langsung menyimpan perubahan tersebut.

Kemudian, Google maps akan langsung mengubah warna tampilan aplikasi dengan versi gelapnya. Perlu diingat, update dark mode ini baru digelontorkan Google untuk pengguna dalam jumlah terbatas.

 

Comment

Berita Lainnya