by

Google Luncurkan Sodar Untuk Bantu Jaga Jarak Aman di Era New Normal

-Teknologi, Update-dibaca 1.54Rb kali | Dibagikan 51 Kali

Google mempunyai cara tersendiri bantu menjaga jarak dari orang lain demi mencegah penularan virus corona. Namun demikian, tetap harus mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Situs web terbaru yang diluncurkan Google adalah Sodar. Sodar merupakan situs web yang bisa digunakan dengan ponsel Android dan dapat memberitahu penggunanya saat mereka terlalu dekat dengan orang yang berjarak sekitar 2 meter.

Sodar dibuat oleh Google untuk mengakses kamera pada perangkat dan teknologi augmented reality (AR) untuk menentukan jarak 2 meter. Sehingga pengguna dapat menyesuaikan diri di dalam keadaan new normal.

Bagi kamu yang menggunakan ponsel Android dengan versi Google Crome terbaru bisa mencoba Sodar dengan langkah ini:

  1. Buka browser Chrome di ponsel kamu.
  2. Masukkan alamat website: sodar.withgoogle.com
  3. Akan muncul kotak notifikasi, kemudian pilihlah “Enter AR.”
  4. Beri izin untuk akses kamera.
  5. Arahkan ponsel ke lantai dan gerakkan hingga beberapa titik putih kecil muncul di lantai.

Setelah berhasil, silakan mencobanya dengan cara berjalan dan angkat telepon sedikit. Kemudian akan muncul lingkaran yang menunjukkan radius dua meter di sekitar pengguna.

Supaya tak repot, fitur ini bisa disimpan di home screen smartphone. Caranya adalah dengan menekan tombol titik tiga yang ada di bagian kanan atas Chrome, lalu pilih opsi ‘Add to Home Screen’.

 

 

 

Comment

Berita Lainnya