Menu
Media Online Terpercaya

Google Luncurkan Pengganti Backup and Sync

  • Share

Google resmi merilis aplikasi bernama Drive for Desktop. Aplikasi Drive for Desktop dibuat dengan tujuan menggantikan fungsi Backup dan Sync dan layanan Drive File Stream yang sebelumnya diperuntukan bagi pengguna dari kalangan bisnis.

Sesuai namanya, aplikasi ini dapat digunakan untuk menyimpan salinan seluruh data dalam perangkat PC maupun Mac. Dukungan untuk aplikasi Backup dan Sync, baik di PC ataupun Mac, akan dihentikan pada 1 Oktober 2021. Pengguna bakal memperoleh notifikasi berisi pemberitahuan soal itu mulai 18 Agustus 2021.

Google dalam blog resminya memberitahukan, Google menyatukan dua cara sinkronisasi ini ke dalam satu aplikasi bernama Drive for Desktop. Kami juga menghadirkan fitur terbaik yang sebelumnya sering digunakan oleh pengguna Backup dan Sync serta Drive File Stream

Artinya, jika mendapatkan notifikasi tersebut, pengguna diminta untuk segera beralih ke aplikasi Drive for Desktop. Sebagaimana dihimpun dari Android Central, aplikasi Drive for Desktop turut kedatangan fitur yang memungkinkan pengguna dapat mengakses file tertentu saat offline, tanpa perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Fungsi aplikasi Drive for Desktop sebetulnya mirip dengan Backup and Sync. Hanya saja, ada sejumlah perbedaan penting di antara keduanya. Misalnya, Drive for Desktop bisa mensinkronkan file individual di My Drive, sementara Backup and Sync hanya bisa hingga tingkat folder.

Drive for Desktop juga terintegrasi dengan client e-mail Microsoft Outlook. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan dua aplikasi ini, silakan kunjungi tautan berikut. Aplikasi Drive for Desktop untuk komputer berbasis Windows dan macOS bisa diunduh di link ini.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *