by

Google Hum Bisa Membantu Anda Bernyanyi Walaupun Lupa Judul Lagu tetapi Ingat Nadanya

-Teknologi, Update-dibaca 12.94Rb kali | Dibagikan 22 Kali

Google “Hum to search” baru saja dirilis. Fitur “Hum to search” diluncurkan Google untuk mempermudah pengguna ketika ingin mencari lagu hanya dengan menyanyikan potongan lirik.

Nantinya, Google akan menampilkan hasil penelusuran lagu yang diminta. Hasil penelusuran mencakup sejumlah informasi, seperti judul lagu, cover album, nama penyanyi, lirik lagu, serta rincian lainnya yang serupa.

Lewat fitur ini, pengguna merasa terbantu apabila mereka lupa dengan judul atau lagu yang sebelumnya telah didengarkan. Pengguna dapat menyanyikan lirik lagu tertentu selama 10 hingga 15 detik.

Caranya, pengguna cukup mengatakan “Hai Google, lagu apa ini?” atau “What is this song?”, lalu menyanyikan potongan lirik lagu yang ingin dicari. Menurut penjelasan Google, fitur “Hum to search” didukung teknologi machine learning yang mampu mendeteksi nada atau alunan lagu yang dinyanyikan oleh pengguna.

Google mengatakan, machine learning mampu mengidentifikasi lagu berdasarkan suara nyanyian manusia, siulan, serta rekaman audio.

“Kami telah merancang model machine learning yang dapat menyesuaikan nada, melodi, atau suara nyanyian Anda dengan tepat. Saat Anda menyenandungkan melodi di kolom pencarian, machine learning akan mengubah audio menjadi urutan berbasis angka untuk mewakili melodi lagu,” katanya seperti dirangkum media siber lintas24.com dari laman 9To5Google

Saat ini, fitur “Hum to search” sudah bisa digunakan oleh pengguna Android dengan lebih dari 20 bahasa yang tersedia. Sementara untuk pengguna iOS, fitur baru ini masih terbatas dan hanya mampu mendeteksi lagu dalam bahasa Inggris. Ke depannya, Google berencana menambah berbagai macam bahasa lainnya.

Google juga mengatakan santa mudah menggunakan fitur ini, berikut cara menggunakan fitur “Hum to search”

  1. Buka aplikasi Google Search.
  2. Di halaman utama, pilih ikon mikrofon yang berada di sisi kanan kolom search bar.
  3. Tekan tombol mikrofon, lalu ucapkan “What’s this song?”.
  4. Setelah diucapkan, Anda bisa langsung menyanyikan potongan lirik lagu yang ingin dicari judulnya.
  5. Google akan menampilkan hasil pencarian lagu yang diminta.

 

 

Comment

Berita Lainnya