by

Google Doodle Hari Ini Bertemakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

-Teknologi, Update-dibaca 5.52Rb kali | Dibagikan 5 Kali

Sejak beberapa tahun terakhir, laman Google.co.id memang telah rutin menampilkan doodle bertema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

Seperti terlihat hari ini Senin tanggal 17 Agustus 2020, bertepatan ulang tahun ke-75 Indonesia, Google Indonesia memajang doodle khusus yang menghiasi laman utama situs pencariannya.

Dalam doodle Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, terdapat ilustrasi kegiatan lomba panjat pinang dan pakaian adat. Ada pula kekayaan alam Nusantara meliputi hewan endemik Harimau Sumatera dan bunga Rafflesia arnoldii.

Di balik karya Google Doodle Hari Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini, rupanya ada sentuhan tangan ilustrator asal Jakarta, yakni Martcellia Liunic.

Martcellia mengaku ingin menyampaikan pesan moral seperti gotong royong dan ragam budaya Indonesia, lewat semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Selain menggambarkan momen perayaan, dalam ilustrasi ini saya juga ingin menyematkan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti bersatu dalam perbedaan,” kata Martcellia sebagaimana dirangkum dari laman Google Doodle, Senin (17 Agustus 2020).

Meski demikian, kali ini perayaan17 Agustus terasa berbeda. Akibat pandemi Covid-19 yang belum juga mereda sejak awal 2020, masyarakat pun dianjurkan untuk tetap berdiam di rumah.

 

 

Comment

Berita Lainnya