Golaga Purbalingga Sebar Ratusan Lampu Warna-warni Untuk Manjakan Pengunjung

By: On: Dibaca: 9,018x
Golaga Purbalingga Sebar Ratusan Lampu Warna-warni Untuk Manjakan Pengunjung
cahaya berwarna-warni di dalam perut bumi

Gua Lawa Purbalingga (Golaga) terletak di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) berada di wilayah dengan  ketinggian 900 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Golaga kini tampil menawan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, kini pengelolaan Golaga dibawah managemen Perusahan Daerah Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) Purbalingga.

Banyak perubahan yang dilakukan. Selain pembenahan dengan merapikan lokasi-lokasi di luar gua, pintu masuk ke gua juga diubah. Dulu diatas pintu gerbang menurun untuk masuk ke  dalam perut bumi terdapat kelelawar sedang mengepakan sayap, kini pintu gerbang itu disulap dengan nuansa  jaman dulu.

Masuk ke dalam gua, sepanjang gua mencapai sekitar 1.300 meter pengunjung akan merasakan Lantai gua tak lagi tergenang air, puluhan kubik pasir gunung ditebarkan untuk menyerap air yang menetas dari langit gua. Demikian pula jembatan yang dulu pasti tergenang air, kini sudah disulap bebas air. Suguhan cahaya lampu yang terang, berwarna-warni dan eksotik dan menghilangkan kesan seram. Ada warna merah, biru, hijau, ungu dan lainnya. Dulunya, lorong gua itu gelap dan hanya lampu penerangan seadanya serta jalannya licin dan sempit.

Untuk memanjakan pengunjung, terdapat beberapa tempat yang dijadikan sebagai lokasi swafoto, serta telah disediakan bangku-bangku kayu yang dapat dipakai beristirahat. Golaga juga terdapat kafe yang menyajikan minuman kopi khas dari Purbalingga. Selain itu, di sudut ruangan gua juga disediakan ruang pertemuan yang dapat menampung lebih dari 100 orang.

 

“Kami sebar sebanyak 130 lampu LED warna-warni hemat energy dengan kekuatan sinar pancar setara 50 Watt. Kami juga menentukan warna lampu yang menyala setiap harinya. Misalnya, Hari Senin nuansa warna lampu biru, Selasa kami ganti warna kuning dan setiap hari selalu berubah. Harapannya, banyak cerita dari para pengunjung untuk menarik teman, saudaranya berkunjung ke Golaga,”ungkap Mekanik Engineering Tabah Pamungkas.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!