Menu
Media Online Terpercaya

Gerakan Jateng di Rumah Saja. BPBD dan PMI Purbalingga Semprot Desinfektan Seluruh Pasar Tradisional

  • Share

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga serta sejumlah relawan melaksanakan penyemprotan disinfektan di pasar tradisional.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga, Umar Fauzi melalui Kasi pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Purbalingga, Kuat Waluyo mengungkapkan, sesuai surat edaran bupati terkait “Gerakan Jateng di Rumah Saja”, pasar di Purbalingga diperbolehkan buka sampai pukul 11.00 dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Hari ini dan besok totalnya ada 20 pasar yang kami semprot. Kita berbagi tugas dengan PMI, sehari ada sepuluh pasar. Personel dari BPBD dan relawan berjumlah 13 orang dibagi menjadi 2 tim. Angkutan tempur ada 2 mobil panther sama Ford rangger, mesin steam dan alat spraying gendong 6 buah,” katanya, Sabtu, (6 Februari 2021).

Ia melanjutkan sebelum gerakan Jateng di Rumah saja, masing – masing pasar sudah dianjurkan rutin mandiri melakukan penyemprotan.

“Kita semprot nggak cuma bagian luar kios pasar-pasar, di area lapak pedagang juga kita lakukan penyemprotan. Kalau hari biasa ya biasanya sesuai surat permintaan saja, pasar dianjurkan mandiri,” katanya.

Kuat merinci, hari ini BPBD Purbalingga melakukan penyemprotan di Pasar Mandiri, Hartono, Badhog Centre, STA Kutabawa, Panican, Arjobinangun serta Pasar Bukateja. Sedangkan di hari kedua, direncanakan di Pasar Kaligondang, Sinduraja, dan Kutawis.

“Semoga upaya ini bisa mencegah penularan Covid 19, apalagi kan pasar tempat ketemunya penjual sama pembeli, saat terjadi kontak antara mereka berpotensi terjadi penularan, apalagi kalo nggak patuh protokol kesehatan,” imbuhnya.

Ketua PMI Kabupaten Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi melalui Kasi Administrasi, Imam Karseno mengatakan, PMI Purbalingga dengan menerjunkan 10 personilnya melakukan penyemprotan di Pasar Segamas, Pasar Hewan, Padamara, Kutasari dan Pasar Tobong. Besok, Minggu (7 Februari 2021) di pasar Karangnangka, Cipaku, Bobotsari, Karanganyar dan Kertanegara

“Kita menyisir ke area lorong lorong pasar menggunakan peralatan yang sudah disiapkan. Bagian luar pasar muter pakai kendaraan gunner, yang ruangan pake spray,” terangnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *