Gedung Megah SMP Negeri 3 Purbalingga Diresmikan

By: On: Dibaca: dibaca 28.26Rbx
Gedung Megah SMP Negeri 3 Purbalingga Diresmikan

Pelaksana Tugas Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. MM meresmikan gedung SMP Negeri 3 di Jalan Kopral Tanwir No 10 Purbalingga, Senin (26 November 2018).

Acara peresmian pembangunan gedung SMP Negeri 3 Purbalingga bertepatan dengan HUT ke-42 sekolah itu yang jatuh setiap tanggal 19 November, peringatan HUT ke-73 PGRI serta Hari Guru Nasional yang jatuh setiap 25 November.

Dyah Hayuning Pratiwi yang akrab dipanggil Tiwi ini mengucapkan selamat kepada jajaran dewan guru, karyawan dan para siswa atas selesainya pembangunan gedung baru.

“Selamat menempati gedung baru. Ini seperti bangunan kampus megah lho. Semoga dengan segala sarana prasarana fasilitas yang telah tersedia mampu mendukung proses belajar mengajar, dan berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan di Purbalingga. Kami berharap, SMP Negeri 3 Purbalingga mampu  mencetak generasi bangsa yang cerdas, berkualitas dan berkarakter,” kata Tiwi.

Plt Bupati Tiwi juga berpesan agar para guru bisa mengarahkan para siswanya tidak terjerumus kepada narkoba, miras, pergaulan bebas dan berbagai hal negatif yang dapat merusak mental.

“Degradasi moral saat ini sungguh memprihatinkan. Ini persoalan kita bersama. Kepada Bapak dan Ibu guru serta karyawan SMPN 3 Purbalingga, saya titip, didiklah anak-anak bangsa ini dengan sepenuh hati dan tanamkan karakter yang baik. Zaman sekarang,pintar saja tidak cukup. Tapi sikap atau karakter juga penting. Merekalah kelak yang akan memimpin bangsa ini,  dengan pintar dan jujur,” pesan Plt Bupati Tiwi.

Tiwi mengungkapkan, alasan dibangunnya gedung baru SMP Negeri 3 Purbalingga karena lokasi lama di belakang kantor Pemkab Purbalingga sudah tidak layak untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Semoga bangunan baru ini mampu menjadi penyemangat Bapak Ibu guru dan seluruh siswa untuk bekerja dan belajar lebih baik,” pesannya.

Kepala SMP Negeri 3 Purbalingga, Subarno, S.Pd mengungkapkan, ini momentum penting menandai sejarah perjalanan SMPN 3 Purbalingga. Gedung sekolah yang baru ini berdekatan dengan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Purbalingga Lor 2 dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Purbalingga. Fasiltas yang dimiliki SMP Negeri 3 Purbalingga diharapkan mampu mendukung proses belajar mengajar, dan berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan di Purbalingga.

“Kami mengedepankan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Nilai-nilai utama PPK adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas. Nilai-nilai ini  ingin  ditanamkan  dan dipraktikkan melalui sistem pendidikan nasional agar diketahui, dipahami, dan diterapkan di seluruh sendi kehidupan di sekolah dan di masyarakat,”ungkapnya

Subarno menyakini, kualitas karakter merupakan salah satu aspek untuk membangun Generasi Emas 2045, disertai kemampuan dalam aspek literasi dasar dan kompetensi abad 21. Untuk itu, sekolah sudah menunjuk dua Wakil Kepala Sekolah untuk membidangi Kurikulum dan Kesiswaan, masing bidang terdiri dari tiga hingga lima orang.

“Bidang Kurikulum terdiri dari tiga orang untuk menangani kurikulum dan dua orang untuk sarana prasarana. Bidang Kesiswaan juga sama, terdiri dari tiga orang untuk menangangi kesiswaan dan dua orang untuk hubungan masyarakat,”ungkapnya kepada lintas24.com dan tabloid elemen usai peresmian.

Pondasi PPK sudah berjalan lanjut Subarno, misalnya sebelum jam pembelajaran dimulai, dilaksanakan pembacaan tadarus bersama, Sholat Dhuhur berjamaah, dan Sholat Jumat.

“Kami mengharapkan seluruh anak didik menjadi individu-individu yang kokoh dalam nilai-nilai moral, spiritual dan keilmuan,”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Tiwi berdialog dengan lima siswa di panggung kehormatan. Mereka adalah Renata Fadila Cahyani, Lulu, Vika Junia Putri, Vinkaka Tri Kuntala dan Akban.

Bahkan, Plt Bupati Tiwi berjanji memberikan hadiah sepeda kepada Renata, siswi Klas 9 F yang baru saja meraih juara 2 nasional lomba menulis esai yang diselenggarakan Kemendikbud RI di Jakarta.

Ketika Plt Bupati Tiwi bertanya kepada para siswa, bagaimana perasaannya menempati gedung baru yang megah ini? Mereka kompak menjawab, sangat senang.

“Terima kasih Ibu Plt Bupati. Kami sangat senang sekolah di sini. Gedungnya megah, fasilitasnya lengkap, ekskulnya banyak, juga guru-gurunya ramah dan sabar,” ujar Vika Junia Putri, siswi Klas 7 A asal Desa Kedungwuluh Kecamatan Kalimanah yang diiyakan rekan-rekannya.

Seusai peresmian, Plt Bupati didampingi Ketua DPRD Tongat SH MM, Sekretaris Daerah Wahyu Kontardi SH dan segenap tamu undangan melakukan peninjauan ke setiap sudut ruangan.

Peresmian dilanjutkan pengajian dengan menghadirkan ustad KH Ahmad Gunanto Sag MPdI dari SMA Negeri 1 Bobotsari. Acara pengajian dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dan Milad ke-42 SMP Negeri 3 Purbalinggaini bertema Spirit Maulid Nabi Muhammad SAW, Menebar Cinta Menjalin Ukhuwah.

Sebagai informasi, rangkaian peresmian gedung SMP Negeri 3 di Jalan Kopral Tanwir No 10 Purbalingga menjadi satu rangkaian peresmian proyek-proyek yang bersumber dari Anggaran Belanja Langsung APBD Purbalingga tahun 2017. Secara keseluruhan nilai proyek yang diresmikan Rp 143,522 miliar.

Selain SMP Negeri 3 Purbalinggayang pembangunannya menelan anggaran Rp 23 miliar lebih, proyek yang diresmikan yakni Kantor Kecamatan Purbalingga di Kelurahan Penambongan dan gedung PDAM Purbalingga. (Muhammad nur)

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!