“Gandul Pustaka”, Antarkan Ribka Juara 1 Lomba Menulis Artikel

By: On: Dibaca: 51,884x
“Gandul Pustaka”, Antarkan Ribka Juara 1 Lomba Menulis Artikel

Artikel berjudul “Gandul Pustaka sebagai Media Masyarakat Mandiri” karya Ribka Novesi menjadi juara pertama lomba menulis artikel populer tingkat SLTA bertema Perpustakaan dan Kemandirian. Ribka Novesi,  siswi Klas XI jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)-3 SMKN 1 Purbalingga bertarung  dengan 17 peserta dari 11 sekolah dalam lomba menulis yang diselenggarakan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Purbalingga. Babak final digelar  di Kantor Dinarpus setempat, Rabu (12 September 2018),

Ketua Dewan Juri, Bangun Pracoyo mengungkapkan, rata-rata kemampuan membacanya bagus. Hal ini terbukti, dalam seminggu rata-rata mereka mampu membaca dua sampai tiga buku sampai habis, umumnya buku sastra dan umum.  Hanya saja, budaya tulisnya memang masih perlu ditingkatkan lagi.

“Saya prihatin, budaya menulis di kalangan siswa SMA/SMK di Purbalingga belum membudaya. Pasalnya, dari lomba yang sudah diumumkan dan disebarluaskan jauh-jauh hari,hanya diikuti 17 peserta,”ungkapnya.

Pada lomba ini, lanjut Bangun Pracoyo, dewan juri sebelumnya telah menyeleksi enam besar artikel dari 17 artikel yang dikirim ke  panitia. Enam peserta yang masuk babak final itu, terdiri Syarifatun dari SMAN 2  Purbalingga, Hana Febiana (SMAN 1 Karangreja), Jamiatun Khasanah (Madrasah Aliyah Al-Huda Karangmoncol), Ribka Novesi (SMKN 1 Purbalingga), Stevia Bintang Pradani (SMAN 1 Karangreja), dan Ngifat Khaerunnisa (MAN Purbalingga).

“Mereka diminta melakukan presentasi dan wawancara di depan dewan juri pada babak final. Pada babak final itu, dewan juri menilai dari tiga aspek,yakni  penguasaan isi materi, teknik presentasi, dan keaslian karya,”ungkapnya.

Dalam lomba ini Bangun Pracoyo didampingi para juri, diantaranya Drs.Prasetiyo penulis dan guru SMPN 3 Purbalingga, Andi Prasetyo, S.Pd guru Bahasa Indonesia SMPN 3 Purbalingga, Rachma Suswati S.Pd,M.Pd pengawas TK/SD pada Korwil Dindikbud Kecamatan Kemangkon dan Mardiyo,M.Pd Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan pada Dinarpus Purbalingga,

Untuk juara dua diraih Stevia Bintang Pradani dari SMAN 1 Karangreja, dengan artikel “Membangkitkan Budaya Literasi di Sekolah”, dan juara ketiga Ngifat Khaerunnisa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga, dengan artikel berjudul “Perpustakaan Media Pembentuk Kemandirian”.(mahendra yudhi krisnha)

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!