by

Gaet Warga Untuk Nyoblos. KPPS di TPS 004 Desa Ponjen Berseragam Pramuka

-Politik, Update-dibaca 11.90Rb kali | Dibagikan 78 Kali

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Purbalingga, 9 Desember 2020 dilaksanakan penuh antusias oleh masyarakat. Berbagai upaya dilakukan untuk mengajak warga menyukseskan Pilkada, terlebih lagi saat pandemi Covid-19 saat ini.

Termasuk yang dilakukan oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 004 Desa Ponjen Kecamatan Karanganyar. Ketua KPPS Solichin yang dibantu Abdus Syakur,  Fitroh Ghani, Irma Yuliana, Irma Islamiasih, Restu elistiyana dan Maruroh, bertugas melayani para pemilih dengan mengenakan seragam Pramuka.

“Kemarin saat pemungutan suara, kami memilih tema dunia Pramuka. Karena Pramuka itu identik dengan jujur dan kami sebagai anggota KPPS juga harus jujur. Jadi kami pakainya seragam pramuka. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan,” ungkap Irma Yuliana, Pembina Pramuka di MI Maarif NU Al Muttaqin Ponjen yang menjadi anggota KPPS, Kamis (10 Desember 2020)

Ia menambahkan, Pilkada ini merupakan pesta demokrasi menyalurkan hak suara untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga. Pihaknya membuat suasana agar menarik partisipasi kedatangan pemilih.

“Selain berupaya menggaet masyarakat untuk datang ke TPS. Anggota KPPSnya juga kangen mau berangkat sekolah, buat ngajar dan ketemu murid-murid. Sehingga sebagai salah satu cara ngobati kangennya pakai seragam sekolah (Pramuka). Pengin tampil beda dari yang biasa-biasanya,” kata Kak Irma

Ia mengaku, tingkat partisipasi kehadiran pemilih di TPS meningkat. Daya Tarik seragam Pramuka membuat masyarakat penasaran.

“Berbeda dengan TPS lainnya. Jadi membuat banyak warga yang mendatangi TPS untuk menyalurkan hak pilihnya. TPSnya unik. Bahkan, Pak Kepala Desa memberikan komentar, KPPS yang kreatif betul nih,” ungkapnya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas), Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sosialisasi, Andri Supriyanto mengapresiasi kreativitas KPPS  TPS 004 Ponjen dalam meningkatkan partisipasi masyarakat.

Baca Juga:  Documentary Dojo 3 Perkuat Posisi Film Dokumenter Asia

“Salah satu indikator suksesnya pesta demokrasi adalah tingginya angka partisipasi masyarakat. Apa yang dilakukan di TPS 004 Ponjen  ini sangat bagus untuk menarik warga datang ke TPS,” katanya.

Comment

Berita Lainnya