by

FKM Jaring Aspirasi Masyarakat untuk Sukses CSR

-Bisnis-dibaca 128.19Rb kali | Dibagikan 24 Kali

HolcimFKM Holcim 2015

CILACAP – Menjelang tutup tahun 2015, Holcim Indonesia kembali menggelar Forum Komunikasi Masyarakat 2015, Kamis (17/12) di Gedung Pemuda Bercahaya, Jalan Jenderal Soedirman Cilacap, dan dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, pemuda, agama, pemerintah, LSM, dan media.

Dengan mengusung tema “Cintai dan Budayakan Produk Lokal”, dalam kesempatan tersebut Holcim memaparkan berbagai capaian program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility serta kinerja lingkungan sepanjang tahun 2015. Juga, rencana kerja tahun 2016 berdasarkan berbagai masukan dari para pemangku kepentingan (stakeholders) yang hadir.

“Kami menerima aspirasi dari masyarakat untuk sukses program CSR. Kebersamaan dan kerja sama yang baik adalah kunci suksesnya,” kata Corporate Communication Regional 2 PT Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant Deni Nuryandain.

Deni menjelaskan, sepanjang tahun 2015 pihaknya bersama pemerintah terus berupaya membangun dan mengembangkan potensi lokal. Dari kuliner sebagai makanan khas hingga batik dengan berbagai corak khasnya.

Juga, dalam acara tersebut dipamerkan produk kerajinan dari limbah non-B3 yakni limbah nonbahan berbahaya dan beracun, seperti tas jinjing, dompet, dan vas bunga.

Dalam pemberdayaan masyarakat, pihak Holcim Indonesia mengajak warga untuk membuat bank sampah guna mengumpulkan limbah non-B3 yang dihasilkan rumah tangga.

“Setelah terkumpul, dilakukan pemilihan, dan selanjutnya dijadikan kerajinan. Produk kerajinan tersebut selanjutnya dijual dan hasilnya dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat itu sendiri sehingga bisa menumbuhkan ekonomi kreatif,” imbuhnya.

Dikatakan, Holcim Indonesia telah banyak membina kelompok usaha bersama yang menggeluti ekonomi kreatif bidang kerajinan limbah non-B3, salah satunya Warung Sampah Mandiri di Ketapang Damai, Cilacap, yang telah berjalan sejak tahun 2011.

“Pembinaan yang kami lakukan dari hulu sampai ke hilir. Jadi, mulai dari pengumpulan limbahnya, teknik memilahnya, kita didik orang-orangnya, dan kita bantu memasarkannya,” kata Deni.

Harapannnya, masyarakat Cilacap dapat mandiri dan mengembangkan potensi yang ada di Cilacap sebagai unggulan yang patut dapat dibanggakan dan mengembangkan ekonomi kreatif.

Di bidang lingkungan, Holcim secara resmi telah me-launching Eco Office guna melengkapi jejak hemat energi.

“Target kami, setelah launching bukan hanya hemat energi, namun masih ada sembilan target lainnya yang akan kami laksanakan demi lingkungan kita yang nyaman,” ujarnya.

Sembilan program yang akan dijalankan adalah recycling kertas, paperless, carbonless, pemisahan limbah, menjaga kualitas udara di dalam ruangan, mengurangi pemakaian peralatan kantor, dan efisiensi penggunaan air.

Berikutnya, tata letak kantor yang efisien, transportasi yang efisien, dan keselamatan dan kesehatan kerja untuk kondisi kerja yang nyaman. (estanto)

Comment

Berita Lainnya