by

Film Pendek “Owah” Karya Saka Widya Budaya Bakti Purbalingga Masuk Enam Besar SWBB Scout Challenge Kwarda Jawa Tengah Tahun 2020

-Budaya, Update-dibaca 10.11Rb kali | Dibagikan 59 Kali

Satuan Karya (Saka) Widya Budaya Bakti (SWBB) Pangkalan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga masuk peringkat pertama enam besar lomba film pendek Pramuka Dari Rumah (PDR) SWBB Scout Challenge Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Tahun 2020.

“SWBB Purbalingga mengirimkan film berjudul “Owah” berhasil masuk peringkat pertama enam besar dengan mengumpulkan skor 924,” tutur Pimpinan SWBB Purbalingga, Rien Angraeni kepada media siber lintas24.com, Sabtu (22 Agustus 2020)

Ia menjelaskan, kriteria karya film pendek yang disertakan dalam lomba film pendek PDR mencakup kriteria isi, teknis, dan administratif berupa saran, himbauan, seruan, dan solusi sesuai dengan tema lomba.

“Isi film harus menarik, komunikatif, dan inspiratif. Merupakan ekspresi yang bersifat bebas tetapi tetap menjaga nilai-nilai kesopanan, tidak menyinggung SARA, dan tidak mengandung unsur pornografi. Menekankan ide atau gagasan dengan tetap mempertimbangkan unsur keindahan dari sudut teknis, baik kamera, artistik, pengadeganan, musik, dan editing,” katanya

Ia mengatakan, SWBB Scout Challenge Tahun 2020 bertujuan membangkitkan semangat berkegiatan anggota pramuka untuk berkreasi, berinovasi dalam kegiatan kepramukaan terutama terkait dengan keterampilan-keterampilan yang dikembangkan di SWBB dengan menggunakan media dalam jaringan (daring).  Tema kegiatan adalah “Pramuka Mandiri Dari Rumah” (Kamandaru).

“Kegiatan SWBB Scout Challenge 2020 dikemas dalam bentuk kompetisi dengan menambahkan unsur pembinaan karakter pramuka melalui perkembangan teknologi terkini. Hal ini ditujukan agar anggota Pramuka tidak hanya memiliki kemampuan dan keterampilan di bidang kepramukaan, namun disertai pengetahuan teknologi. Sehingga semua kegiatan akan dilaksanakan secara daring,” ungkapnya.

Kegiatan SWBB Scout Challenge 2020 terbagi menjadi beberapa kategori lomba, mulai dari kategori untuk Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega dan anggota SWBB dengan mata lomba film pendek PDR kategori Penegak, lomba mendongeng, lomba cerdas cermat daring, lomba tari tradisional dan lomba iklan layanan masyarakat

Untuk lomba film pendek PDR, peringkat kedua diraih SWBB Ungaran Barat dengan judul film “Nguri-nguri Budaya Lokal” meraih skor 895, dan peringkat ketiga SWBB SMK Negeri 11 Semarang dengan judul film Ojo Kesuwen meraih skor 886.

Comment

Berita Lainnya