Festival Onje 2018 Bakal Ditutup Ritual Budaya Penggelan

By: On: Dibaca: 321,524x
Festival Onje 2018 Bakal Ditutup Ritual Budaya Penggelan

Ritual budaya Penggelan akan menjadi puncak acara Festival Grebeg Onje 2018. Penggelan merupakan ritual mengarak penggel (nasi penggel-red) dari Puspa Jaga Desa Onje menuju Masjid Raden Sayyid Kuning Desa Onje, Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga dengan diringi Shalawatan, penerangan obor dan tarian Begalan

“Penggelan akan digelar Kamis malam (10 Mei 2018). Ini meripakan ritual yang menarik dan akan terus dilaksanakan di setiap pagelaran Grebeg Onje,”ungkap Kepala Desa Onje,  Budi Tri Wibowo kepada cyber media lintas24.com disela-sela kegiatan, Rabu (8 Mei 2018)

Budi Tri Wibowo menambahkan, festival Grebeg Onje yang  mengemas rangkaian ritual dan pagelaran budaya di Desa Onje yang merupakan Desa tua dan menjadi cikal bakal Kabupaten Purbalingga. Festival tersebut diselenggarakan pada 8– 9 Mei 2018 .

Sementara itu, Bupati Purbalingga, Tasdi mengapresisasi Pemerintah Desa Onje dan masyarakat sekitar dalam melestarikan budaya. Bupati menyampaikan ada tiga pesan yang harus dimaknai dari pagelaran Grebeg Onje.

“Satu, makna spiritual yaitu sarana bersyukur, kedua makna sosial artinya membangun dan memupuk rasa perseduluran dan makna budaya  yaitu bagaimana membentuk prilaku yang berkarakter dan berintegritas,” ungkapnya setelah penebaran benih di Belik Domas  dan ziarah makam Adipati Onje.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!