Festival Hepi KemangkonTandingi Festival Gunung Slamet

By: On: Dibaca: 172,297x
Festival Hepi KemangkonTandingi Festival Gunung Slamet

Festival Hepi

Anji Ajak Karang Taruna Lebih Kreatif

Desa Majatengah, Palumutan, Bokol dan Kedunglegok, Kecamatan Kemangkon Purbalingga secara bersama dan mandiri menggelar Festival Hepi 2016, Kamis (13 Oktober 2016).

Kemeriahan Festival Hepi ini menandingi pelaksanaan Festival Gunung Slemet yang dilaksanakan di Desa Serang Kecamatan Karangreja Purbalingga.

Panitia Festival Hepi yang berkolaborasi dengan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Purbalingga tak kepalang tanggung, panitia mengundang  secara langsung Ardian Aji Prihartanto atau yang akrab disapa Anji mantan vokalis band Drive.

14718640_1127748100612046_4127851573046044850_n

Di Desa Bokol, Anji mengunjungi Sanggar Darimu yang diasuh oleh Dwi Nugroho, peraih pemuda pelopor Jateng. Ia sangat terkesan dengan kegiatan pemberdayaan warga di desa tersebut.

Sementara malamnya, di lapangan Desa Majatengah, ia menghibur warga dengan lagu-lagu hitsnya. Anji mengajak para anggota Karang Taruna (KT) di Desa Majatengah, Palumutan, Bokol dan Kedunglegok pada khususnya dan Purbalingga pada umumnya, untuk lebih kreatif dalam membangun masyarakat dan desanya.

“Banyak ide-ide kreatif yang muncul dan bisa dikreasikan menjadi nyata. Anak muda harus seperti itu, apa lagi sudah ada wadahnya di Karang Taruna,” kata mantan vokalis band Drive ini di Balai Desa Palumutan.

Selain bermusik secara solo, dia juga tengah berkreasi di banyak bidang seperti di komunitas musik digital, Dunia Manji, Terang Kreatif, usaha pakaian bayi bersama istrinya dan usaha sambal bersama ibunya. “Banyak hal kreatif yang memiliki prospek baik, selain untuk kegiatan sosial juga untuk meningkatkan sisi ekonomi masyarakat,” kata pelantun tembang Dia ini.

Sekretaris Karang Taruna Purbalingga yang juga Ketua Yayasan Pilar Purbalingga, Sri Wahyuni mengatakan, pihaknya tengah menggerakkan seluruh tingkatan mulai dari kecamatan hingga desa untuk membentuk pengurus Karang Taruna dan menjalankan programnya. Hal ini sesuai dengan instruksi Bupati Purbalingga Tasdi berdasar Permensos RI  Nomor 83 Tahun 2015.

“Sejumlah Karang Taruna desa sudah bergerak pasti dalam memberdayakan dan membangun masyarakat di desanya. Misalnya Karang Taruna Wirabumi Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari yang meraih juara II Karang Taruna Berprestasi Tingkat Provinsi. Atau Karang Taruna Bina Remaja Desa Timbang, Kecamatan Kejobong yang mempunyai usaha ekonomi produktif secara mandiri dengan total modal mencapai Rp 50 juta. Karang Taruna di desa lain pasti akan menyusul prestasi-prestasi itu,” katanya.

Salah satu warga Desa Palumutan, Sodikun Munar mengaku bangga dan gembira atas diselenggarakan Festival ini. Ia berharap festival ini bisa dilaksanakan secara rutin, banyak potensi budaya dan wisata yang bisa digali lebih banyak lagi.

“Jajal geser maring ngidul lah, aja nang lor tok sing rame (coba bergeser ke wilayah selatan jangan wilayah utara saja-red). Kemangkon sudah terkenal dengan Jembatan Linggamasnya, tinggal bagaimana kita menpromosikan tempat wisatanya. Banyak yang belum tahu, makanan khasnya sudah dikenal sampai luar negeri,”ungkap Sodikun. (mahendra yudhi kisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!