Erni Purwaningsih, S.Pd, Kepala SD Negeri 1 Purbalingga Kidul. Harus Libatkan Orang tua, Gali Pontensi Murid

By: On: Dibaca: dibaca 75.32Rbx
Erni Purwaningsih, S.Pd, Kepala SD Negeri 1 Purbalingga Kidul. Harus Libatkan Orang tua, Gali Pontensi Murid

Setiap murid memiliki potensi diri yang berbeda dengan lainnya. Ada kekuatan tetapi juga ada kelemahan. Murid sebagai mahluk berpotensi yang selalu bertumbuh menuju aktualisasi dirinya, harus mampu mengenali ke dua sisi tersebut dengan baik.

Namun tidak semua murid berkehendak dan mau bekerja keras untuk mendayagunakan potensinya. Kekuatan yang berupa potensi-potensi diri yang istimewa menjadi sulit berkembang, karena kelemahan-kelemahan yang tidak bisa dikendalikan atau dikelola dengan baik.

“Libatkan orangtua, Artinya, untuk menggali dan mengembangkan potensi prestasi murid, harus ada bimbingan dan kerjasama dari para guru di sekolah dan orang tua dirumah,”ungkap Kepala SD Negeri 1 Purbalingga Kidul Erni Purwaningsih, S.Pd kepada Tabloid Elemen saat ditemui disekolahnya (17 Januari 2017).

Kepala Sekolah yang mendidik 416 murd dalam 13 rombongan kelas bersama-sama 24 orang guru ini menambahkan, artinya, potensi diri adalah kemampuan yang dimiliki setiap pribadi (individu) yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan dalam berprestasi. Potensi diri adalah kemampuan yang terpendam pada diri setiap orang, setiap murid memilikinya. Potensi diri ada yang positif dan ada yang negatif.

“Nah, ketika para guru disekolah melihat ada potensi negative pada murid, sebisa mungkin untuk meredamnya, kemudian galilah potensi positif agar menutup potensi diri yang negative tersebut,”jelasnya.

Erni menyakini, melalui pendidikan dan pelatihan para murid diharapkan dapat melatih keterampilannya dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah. Jika me- mungkinkan dapat diperdalam di luar sekolah.

“Perlu peran serta yang baik dari orang tua yang tergabung dalam komite sekolah masyarakat dalam menunjang potensi diri murid untuk berprestasi ,”ungkapnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!