by

Empat Jalur PPDB Online jenjang SMA dan SMK Negeri di Jawa Tengah Telah Dibuka

-Pendidikan, Update-dibaca 1.73Rb kali | Dibagikan 51 Kali

Empat jalur pendaftaran untuk jenjang SMA dan SMK Negeri tahun ajaran baru 2020 dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online telah dibuka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah.

“Untuk calon peserta didik SMA ada empat jalur pendaftaran mulai dari jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua dan jalur prestasi. Sementara untuk calon peserta didik SMK, Pemprov hanya menyediakan jalur prestasi dan jalur afirmasi,” tutur Sekretaris Panitia PPDB Online Jateng, Robberto Agung Nugroho di kantor Disdikbud, Jalan Pemuda, Semarang, pada Rabu (17 Juni 2020) siang

Ia menjelaskan, jalur zonasi mendapat alokasi sebanyak 50 persen. Jalur itu diukur dengan menggunakan jarak masing-masing kantor kelurahan calon peserta didik dengan jarak satuan pendidikan terdekat.

“Itu nanti ada petugas dari dinas pendidikan setempat dan dinas desa yang akan mengukur bersama soal jarak,” tuturnya

Kemudian lanjutnya, jalur afirmasi yang dikhususkan untuk anak seorang tenaga medis dan tenaga pendukung penanganan korona mendapat alokasi sebanyak 15 persen. Jalur afirmasi ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Jateng kepada para petugas kesehatan yang selama ini berjibaku menangani pasien korona.

Untuk bisa mendapatkan jalur afirmasi itu, anak tenaga kesehatan pun datanya akan diverifikasi oleh masing-masing dinas kesehatan tingkat kota maupun kabupaten. Ketika telah selesai diverifikasi, data tersebut selanjutnya diterima dinas kesehatan provinsi yang selanjutnya dikirim ke dinas pendidikan jateng.

Dengan adanya verifikasi ini, tidak ada seseorang yang bisa asal-asalan mengaku-ngaku kalau dirinya anak tenaga kesehatan penanganan korona,” tegasnya.

Kemudian jalur perpindahan orang tua mendapat alokasi sebanyak lima persen. Ia menuturkan jalur tersebut untuk calon peserta didik yang orang tuanya baru saja dipindah tugas dari luar provinsi dan masuk Jateng serta. Jalur perpindahan orang tua itu salah satunya berlaku untuk orang tua yang berprofesi sebagai guru.

“Semisal orang tua baru saja pindah tugas enam bulan dari Jakarta dan belum punya kartu keluarga di Jateng. Maka harus ada surat keterangan dari kantor pusat yang menerangkan pemindahan tugas orang tuanya,” bebernya.

Terakhir, yakni jalur prestasi memperoleh alokasi sebesar 30 persen. Jalur prestasi itu mencakup  prestasi akademik maupun non akademik, mulai dari kejuaraan tingkat kabupaten/kota, nasional, hingga internasional

“Misalnya ada calon peserta didik yang dia juara satu tingkat internasional. Kalau ada piagam, langsung kami terima, dia tinggal pilih sekolah saja. Pendaftaran jalur prestasi bisa juga bila seseorang pernah mengikuti acara yang diselenggarakan oleh organisasi atau lembaga tertentu yang memenuhi kriteria,” tuturnya.

 

Ia menambahkan, tahun ajaran baru SMA SMK di Jateng sendiri akan dimulai 13 Juli 2020 mendatang. Mengingat saat ini sedang pandemi korona, ia pun belum bisa memastikan kapan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka akan dimulai.

“Kami masih perlu menunggu perintah dari Gubernur, Sekretaris Daerah, dan masukan dari  Gugus Tugas Penanganan Korona,” jelasnya.

Ia menambahkan, belum adanya rencana kegiatan secara tatap muka itu, menurutnya karena dunia pendidikan merupakan lembaga yang rentan dan beresiko terjadinya penularan.Namun,  bila sewaktu-waktu pemerintah provinsi merestui dibukanya kembali dunia pendidikan. Ia mengaku sekolah-sekolah di Jawa Tengah utamanya sekolah negeri telah siap dengan protokol kesehatan.

“Diantaranya sudah ada wastafel untuk cuci tangan, penyediaan hand sanitizer, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

 

 

Comment

Berita Lainnya