by

Dwi Heri Sasongko, S.Pd – Orang Tua Harus Pancing Minat Baca Anak

-Inspirasi-dibaca 113.61Rb kali | Dibagikan 15 Kali

dwi sasongko (2)

Menumbuhkan iklim gemar membaca perlu dilakukan dengan sistematis. Buku-buku yang dikhususkan untuk anak, biasanya berisi pesan moral yang hendak disampaikan sehingga dapat menjadi media untuk memberitahu anak apa hal baik dan buruk yang boleh atau tidak boleh dilakukan.

Kepala SD Negeri 2 Karangsentul, Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga, Dwi Heri Sasongko, S.Pd mengungkapkan, peran orang tua sebenarnya lebih penting dan dominan. Pasalnya, orang tua harus mau memberikan dorongan mengapa membaca itu penting di samping menyediakan fasilitas baca berupa buku-buku yang menarik dan penting.

“Membantu anak mencintai budaya membaca, bukanlah hal yang sederhana, bahkan bisa menjadi suatu tantangan tersendiri baik secara intelektual maupun emosional,”ungkap Heri kepada elemen dan lintas24.com, Sabtu (16 April 2016).

Heri menjelaskan, pada lini keluarga, orang tua perlu menguatkan peranan dalam menciptakan iklim yang mendorong anak dan anggota keluarga untuk membaca dengan kebiasaan dan tradisi keluarga. Misalnya, kebiasaan memberi hadiah ulang tahun berupa buku bacaan yang menarik kepada anak.

“Begitu pula hadiah atas prestasi belajar yang diperoleh anak di sekolah, orang tua seyogyanya memberi hadiah buku bacaan,”ungkap Heri.

Heri menegaskan, langkah alternatif yang dianggap potensial untuk mengembangkan budaya membaca adalah memberdayakan keluarga sebagai basis utama. Rekayasa sosial yang dilakukan di lingkungan keluarga sangat tepat untuk memulai menumbuhkan gemar membaca di kalangan anak-anak. Anak lebih cenderung meniru kebiasaan dan kegemaran orang tua di rumah.

“Karena waktu belajar dirumah lebih banyak dibanding waktu belajar disekolah. Jika orang tua suka membaca, anak-anak akan terpancing juga untuk melakukannya.  Anak akan penasaran mengapa orang tuanya sering membaca surat kabar, majalah, dan buku-buku penting,”ungkap Heri. (Muhammad noor).

Comment

Berita Lainnya