Menu
Media Online Terpercaya

Dua Warga Perumnas Penambongan Terserang Demam Berdarah, Kader Kesehatan Gelar PSN

  • Share
Kader kesehatan Perumnas Penambongan RT 5 RW 6 Kelurahan Purbalingga Kidul melakukan PSN di setiap rumah warga dan lingkungan sekitar, Senin, (6 Juni 2021).

Dua warga Perumnas Penambongan RT 5 RW 6 Kelurahan Purbalingga Kidul, Kabupaten Purbalingga terserang Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Iya sekarang lagi dirawat di RSUD Goeteng Tarunadibrata. Memang si kemungkinannya bukan gigitan disini ya tapi dari luar kota. Setelah kita laporan ke kelurahan, dianjurkan untuk melakukan antisipasi ya, bukan fogging tapi supaya melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) mandiri,” ungkap Ketua Kader Kesehatan Wahyati saat PSN Senin, (6 Juni 2021).

Oleh karena itu lanjutnya, pihaknya berinisiatif melakukan PSN secara mandiri untuk menekan pengembangbiakan jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menyebabkan penyakit DBD.

Pemberantasan Sarang Nyamuk

“Kegiatan PSN dilakukan dengan memeriksa bak penampungan air di kamar mandi, serta tempat – tempat yang berpotensi menjadi sarang jentik nyamuk.Setiap rumah warga kami cek tempat penampungan airnya. Disini ada 55 lima rumah, kemudian pemeriksaan jentik nyamuk kita lakukan di lingkungan sekitar rumah juga, seperti di kolam ikan, terus di pot-pot bunga juga dicek,” kata Wahyati

Ia menambahkan, kegiatan PSN ini dilakukan lantaran ada dua warga di RT setempat yang terserang penyakit DBD.

Hasil pemantauan jentik nyamuk, dikatakan Wahyati, masih ada beberapa bak penampungan air milik warga terdapat banyak jentik nyamuk.

“Dari kunjungan ke setiap rumah warga kita masih menemukan banyak jentik nyamuk, ada tujuh rumah. Setidaknya dua hari sekali penampungan air itu harus dikuras. Kebanyakan itu pada lupa nggak menguras bak penampungan air. Kalo di lingkungan sekitar rumah si nggak ditemukan, soalnya nggak ada barang bekas,” jelas Wahyati.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *