Dongkrak Kecintaan Literasi, SD Negeri 1 Purbalingga Wetan Gelar Lomba Membuat Poster

By: On: Dibaca: 5,291x
Dongkrak Kecintaan Literasi, SD Negeri 1 Purbalingga Wetan Gelar Lomba Membuat Poster

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Di abad 21 ini, kemampuan ini disebut sebagai literasi informasi.

Guru SD Negeri 1 Purbalingga Wetan, Destiana Vidya Prastiwi, S.Pd menuturkan, deklarasi Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyebutkan bahwa literasi informasi terkait pula dengan kemampuan untuk mengidentifikasi, menentukan, menemukan, mengevaluasi, menciptakan secara efektif dan terorganisasi, menggunakan dan mengomunikasikan informasi untuk mengatasi berbagai persoalan. Kemampuan kemampuan itu perlu dimiliki tiap individu sebagai syarat untuk berpartisipasi dalam masyarakat informasi, dan itu bagian dari hak dasar manusia menyangkut pembelajaran sepanjang hayat.

“Oleh karena itu, program gerakan literasi sekolah harus dilaksanakan secara bertahap dengan mempertimbangkan kesiapan sekolah di seluruh Indonesia,”ungkap Destiana Vidya Prastiwi.

Ia menambahkan, kesiapan ini mencakup kesiapan kapasitas sekolah yakni ketersediaan fasilitas, bahan bacaan, sarana, prasarana literasi, kesiapan warga sekolah, sistem pendukung lainnya seperti, partisipasi publik, dukungan kelembagaan, dan perangkat kebijakan yang relevan.

“Nah untuk itu, Rabu kemarin (17 Juli 2019), kami mengadakan lomba membuat poster tentang literasi. Kegiatan dibagi 2 tingkatan yaitu kelas tinggi dan rendah menunjukan keadilan atas tingkatan umur dan tidak ada pemilihan peserta lomba secara khusus, semua boleh berpartisipasi dalam kegiatan lomba,”ungkap Destiana Vidya Prastiwi yang sudah mengajar di SD Negeri 1 Purbalingga Wetan sejak tahun 2011.

Ia menjabarkan, sebelum lomba dilaksanakan, tahapan persiapan dilakukan diantaranya mendiskusikan gagasan mengadakan lomba membuat poster tentang literasi dengan Kepala Sekolah, membuat rancangan pengumuman lomba membuat poster, konsultasi rancangan materi pengumuman lomba membuat poster yang dibagi 2 tingkatan yaitu kelas tinggi dan rendah, mencetak pengumuman, menempelkan pengumuman di papan informasi, melaksanakan kegiatan lomba dan terakhir mengumumkan pemenang lomba.

“Diharapkan, dengan menyelenggarakan lomba membuat poster tentang literasi dapat menjadikan siswa lebih kreatif dalam menghasilkan karya sehingga dapat mewujudkan misi SDN 1 Purbalingga Wetan yaitu Meningkatkan pelaksanaan pembelajaran yang inovatif melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM).

Kepala Sekolah, Yoni, S.Pd.,M.Si mengungkapkan, banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini, diantaranya manfaat untuk sekolah yakni meningkatkan pencapaian visi dan misi sekolah. Membantu meningkatkan kualitas pendidikan bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga.

“Manfaat untuk siswa, membantu siswa agar lebih kreatif dalam menghasilkan suatu karya,”ungkapnya. (yoga tri cahyono)

 

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!