by

Ditengah Merebaknya Virus Corona, Pesta Siaga Binwil Banyumas 2020 di Purbalingga Sukses Terselenggara

-Daerah, Update-dibaca 11.82Rb

Pesta Siaga Kwarda Pramuka Jateng Tahun 2020 tingkat Pembinaan Wilayah (Binwil) Banyumas sukses terselenggara. Pesta siaga yang diikuti kontingen Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Cilacap, dan Purbalingga ini digelar di dua tempat yakni SMK YPT 1 dan 2 serta Obyek Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga, Jumat-Sabtu (13-14 Maret 2020).

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga, Subeno mengapresiasi atas terselengaranya kegiatan ini. Pasalnya, ditengah merebaknya virus corona, seluruh kegiatan dapat berjalan lancar.

“Kegiatan ini sukses. Saya memberikan apresiasi kepada teman-teman dari Kwarcab, panitia penyelenggara yang telah bahu membahu mensukseskan kegiatan ini. Panitia tadi juga mengantisipasi penyebaran virus corona dengan menyediakan puluhan sabun antiseptik di arena kegiatan,” ungkapnya usai kegiatan di Obyek Wisata Purbasari Pancuran Mas Purbalingga, Sabtu (14 Maret 2020).

Ketua Panitia, Sutarko mengungkapkan, kegiatan dalam pesta siaga ini diarahkan untuk membina menjadi Pramuka yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum,disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani melalui kegiatan yang kreatif, rekreatif, kompetitif, dan edukatif

“Secara umum tujuan Pesta Siaga Binwil Tahun 2020 ini adalah sebagai wahana pertemuan para pramuka siaga yang berisi acara kegiatan bersama antara perindukan siaga mulai Kwartir Ranting, Kwartir Cabang dan Binwil di Jawa Tengah,” tuturnya

Sutarko yang juga Waka Bidang Binamuda Kwarcab Purbalingga menambahkan, kegiatan dalam Pesta Siaga Binwil Banyumas Tahun 2020 dibagi ke dalam 5 (lima) kelompok kegiatan yaitu :

kegiatan umum terdiri dari upacara pembukaan, penutupan dan permainan Siaga. Selanjutnya, kegiatan keagamaan dan kepribadian yang meliputi taman ketakwaan, tanda pengenal seragam Pramuka. Kegiatan ketangkasan dan ketrampilan meliputi taman siaga pintar, taman pengamatan dan daya ingat (KIM), taman scouting skills, taman baris berbaris, dan taman fun ball.

“Kegiatan seni budaya yang dikemas dalam taman pentas budaya serta kegiatan kepedulian Pramuka Siaga berupa taman bumbung kemanusiaan,” tuturnya.

Bagi Barung tergiat 1, 2, 3 putra dan putri tingkat binwil, berhak mengikuti Pertemuan Pramuka Siaga Sehari (Persari) yang dilaksanakan di tingkat Kwarda Jawa Tengah pada bulan April 2020 di Puskepram Candra Birawa Karanggeneng, Gunungpati, Kota Semarang.

Barung berprestasi putra, Juara 1 dari pangkalan SD N 1 Kebanggan Banyumas dengan nilai 876,41. Juara 2 dari pangkalan MI N 3 Purbalingga (876,33), Juara 3 dari pangkalan SD N 3 Makam Purbalingga (874,83).

Untuk barung berprestasi putri, Juara 1  dari pangkalan SD N 1 Krandegan Banjarnegara dengan nilai 879, 75.  Juara 2 dari pangkalan SD N 3 Bangsa Banyumas (875,83). Juara 3 dari pangkalan SD N 1 Blambangan Banjarnegara (874,33)

Barung berprestasi harapan putra, Juara harapan 1 dari pangkalan MI Modern Satu Atap Al Azhary Banyumas dengan nilai 870,58. Juara harapan 2 dari pangkalan SD N 2 Somagede Banyumas (866, 61) dan Juara harapan 3 dari pangkalan SD N 1 Baleraksa Purbalingga (845).

Barung berprestasi harapan putri. Juara harapan 1 dari pangkalan SD N Kutayasa Banjarnegara dengan nilai 872,5. Juara harapan 2,  dari pangkalan SD N 2 Karangkemiri Cilacap (871,91) dan Juara harapan 3 dari pangkalan SD N Banjarsari Banyumas (870,41)

 

 

 

Comment

Feed Berita