by

Disdikbud Kabupaten Cilacap Terapkan KBM SD-SMP Secara Daring

-Pendidikan, Update-dibaca 6.51Rb kali | Dibagikan 18 Kali

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cilacap memastikan menerapkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) jarak jauh. Model pembelajaran itu dapat dilakukan dengan cara dalam jaringan (daring)  atau online dan luar jaringan (luring) atau offline

Kepala Disdikbud Kabupaten Cilacap, Budi Santosa melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Kastam menjelaskan, KBM di awal tahun ajaran baru, model pembelajaran yang diutamakan dengan cara online. Namun, bagi sekolah yang belum memungkinkan untuk menerapkannya, bisa dengan cara offline.

“Pihaknya menyadari, tidak semua siswa memiliki fasilitas pendukung dan jaringan internet yang memadai. Oleh karena itu, persiapan pembelajaran SD-SMP kita tetap melaksanakan pembelajaran model jarak jauh, bisa dengan daring dan luring, tetapi luringnya non tatap muka,” kata dia.

Ia menjelaskan, saat ini 1.032 SD dan196 SMP melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dan sosialisasi.

“Sosialisasi dilakukan oleh pihak sekolah kepada orang tua dan siswa. Sosialisasi dilaksanakan secara jarak jauh. Untuk sosialisasi yang dari dinas, sebelumnya sudah dilakukan,” katanya.

Ia menambahkan, dalam pekan ini pihaknya juga masih mempersilakan sekolah melakukan pendataan guna penyiapan penerapan pembelajaran.

“Jadi semacam survei untuk mendata kesiapan anak dan fasilitas yang dimiliki. Itu nanti untuk pertimbangan sekolah dalam menerapkan model pembelajaran apakah lebih tepat daring atau luring,” katanya.

 

 

Comment

Berita Lainnya