Menu
Media Online Terpercaya

Direktur Penerbit Amerta Media, Tegar Roli: Buku harus bersaing dengan teknologi digital

  • Share

Saat tekologi masih menggunakan tangan, medianya hanya pengumuman, kemudian muncul mesin ketik, lahirlah selebaran. Ada Transistor munculah radio. Muncul tabung katoda lahirlah televisi. Setelah ada computer munculah internet, itu artinya teknologi yang akan mengubah media. Maka dari itu, mau tidak mau, buku harus bersaing dengan teknologi digital

“Itu merupakan tantangan terbesar bagi jajaran pengurus Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI yang akan datang. Banyak penerbit konvensional yang harus bersiap untuk malakukan perubahan untuk menghadapi generasi baru yang lebih milenial,” ungkap Direktur Penerbit Amerta Media Tegar Roli, di Purwokerto, Minggu (29 November 2020).

Menurutnya,  ini sebuah keniscayaan. Bahwa generasi baru pasti akan lebih familiar tergadap teknologi baru yang saat ini ada. Artinya buku pun harus mengikuti teknologi hari ini. Meskipun buku cetak masih dibutuhkan, namun itu bukan kebutuhan yang utama. Megingat sudah banyak penerbit yang fokus pada digital.

“Ini menjadi tugas penting bagi pengurus baru IKAPI yang akan datang. Bagaimana caranya agar penerbit-penerbit yang sudah ada agar tetap eksis dan terus menerbitkan hasil karya untuk bangsa ditengah perubahan teknologi yang ada saat ini,” katanya.

Tegar mengungkapkan, tantangan bagi IKAPI adalah mereka bisa berperan untuk terus memutar roda penerbitan dan percetakan agar tatap tumbuh dan berkembang sesuai perkembangan zaman.

“Semakin berkembang teknologi semakin memudahkan pula untuk melakukan penerbitan sebuah karya. Dari situ maka akan munculah model bisnis baru di dunia penerbitan dan percetakan,” pungkasnya

Sebagai informasi, Sabtu 28 November 2020 kemarin, mantan wartawan Arys Hilman Nugraha dilantik sebagai Ketua Umum IKAPI periode 2020-2025. Ia terpilih berdasarkan mekanisme voting elektronik oleh seluruh pengurus IKAPI satu Nusantara.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *