by

Dipastikan Tidak Ada Shalat Idul Adha di Alun-Alun Banjarnegara

-Daerah, Update-dibaca 1.52Rb kali | Dibagikan 17 Kali

Sholat Idul Adha di Alun-alun Banjarnegara tahun ini dipastikan tidak diselenggarakan. Hal ini memperhatikan kondisi Kabupaten Banjarnegara yang masih masuk zona merah.

“Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banjarnegara memutuskan tidak menyelenggarakan Sholat Idul Adha di Alun-alun Banjarnegara. Kemudian PHBI juga memutuskan untuk tidak menyelenggarakan takbir keliling tahun ini,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Drs. Indarto, M.Si pada saat memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan ibadah Idul Adha Tahun 2020 M / 1441 H di Ruang Rapat Karya Praja Setda

Selain itu, PHBI juga akan menyusun dan menyetak naskah khotbah Idul Adha dengan tema menyesuaikan kondisi pandemi covid-19 yang akan disebarkan ke masjid-masjid melalui Kecamatan.

Menurutnya peniadaan penyelenggaraan takbir keliling dan sholat Idul Adha di Alun-alun Banjarnegara guna menghindari kerumunan warga dan mencegah penyebaran Corona “Protokol Kesehatan tetap menjadi hal utama dalam pelaksanaan sholat Idul Adha” katanya.

Terkait penyelenggaraan Sholat Idul Adha di Kabupaten Banjarnegara, Pemerintah Kabupaten melalui PHBI akan mengirim Surat Edaran tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dengan mendasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H/ 2020 M Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 dan Surat Edaran Kementerian Pertanian Direktorat Jendral Perternakan Dan Kesehatan Hewan Nomor : 0008/SE/PK.320/F/06/2020   Tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban Dalam Situasi Wabah Bencana Nonalam CORONA VIRUS DESEASE (COVID-19)

“Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Seluruh Kabupaten Banjarnegara dipersilahkan dengan utamanya adalah protokol kesehatan, memperhatikan surat dari kementerian agama” katanya.

Sekda Indarto mengingatkan kepada takmir masjid dan panitia peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 H untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaan sholat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban

“Tetap menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer serta menggunakan masker,” tuturnya.

 

 

Comment

Berita Lainnya